Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Skill Penting untuk Jadi Makeup Artist yang Sukses di Era Modern

Kompas.com - 02/10/2023, 20:59 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makeup artist atau biasa disebut MUA kini menjadi profesi yang cukup diminati generasi muda.

Perkembangan industri hiburan, fashion hingga kecantikan yang terus berkembang turut membuat permintaan akan makeup artist profesional juga meningkat.

Dengan demikian, hal itu juga membuktikan kalau profesi ini menawarkan peluang karier yang cukup menjanjikan.

Pilihan karier sebagai MUA juga cocok bagi orang dengan ketertarikan di bidang kosmetik, fashion, seni yang mengandalkan kreativitas dalam perkembangan kariernya.

Tetapi faktanya, untuk jadi MUA yang sukses, memiliki pengetahuan tentang kosmetik hingga keterampilan dasar memulas makeup saja rupanya tidak cukup.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa sukses menjadi MUA profesional yang sukses.

Baca juga: Make Over MUA Hunt 2023 Digelar, Berhadiah Rp 10 Juta dan Kontrak Endorse 

Skill penting untuk menjadi makeup artist yang sukses

Ilustrasi makeup artistUnsplash Ilustrasi makeup artist

Keterampilan mendasar seputar kosmetik memang dibutuhkan bagi MUA profesional. Tapi sebenarnya, ada sejumlah keterampilan lain yang perlu diasah jika ingin menjadi MUA yang sukses.

1. Membangun reputasi yang baik

Dhirman Putra, selaku Make Over Makeup Creative Director mengatakan, untuk bisa menjadi MUA profesional, dibutuhkan keterampilan dalam membangun reputasi yang baik, di samping hasil kreasi makeup-nya.

"Salah satu parameter keberhasilan kita menjadi MUA adalah mendapatkan repeat order. Itu dapat menjadi kebanggaan kita sebagai MUA," jelasnya dalam Make Over MUA Hunt 2023 di Jakarta.

Menurutnya, membangun reputasi ini melibatkan attitude yang baik sehingga orang lain atau klien merasa nyaman menggunakan jasa kita.

"Saya rasa semua pekerjaan juga begitu. Skill juga harus berkembang, tapi kalau attitude kita jelek, orang tidak akan memandang kita lagi," tambah Dhirman.

2. Adaptasi era digital

Selain membangun reputasi melalui perilaku yang baik dan menyenangkan, seorang MUA profesional juga perlu beradaptasi dengan perkembangan era digital.

MUA senior, Ryan Ogylvy berpendapat, kemampuan yang satu ini merujuk pada menunjukkan hasil kreativitas seputar makeup dalam bentuk konten digital.

Keterampilan ini secara tidak langsung bisa menunjang reputasi yang baik, hingga memberi tahu banyak orang tentang kualitas dan skill yang dimiliki seorang MUA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com