Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keunggulan Oatmeal yang Membantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 12/10/2023, 12:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika kita sedang berusaha menurunkan berat badan, sangat penting untuk mempelajari setiap hal yang dapat membantu atau menghambat kemajuan, salah satunya pemilihan makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari untuk menurunkan berat badan, tapi ada juga yang harus dihindari.

Untuk oatmeal, makanan ini dikemas dengan serat, serta vitamin dan berbagai mineral penting, seperti mangan, fosfor, magnesium, dan zat besi.

"Oatmeal adalah makanan yang menyehatkan jantung karena kaya akan serat larut, terutama beta-glukan, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah."

Demikian penuturan seorang ahli diet terdaftar dan anggota dewan pakar medis, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

Baca juga: 7 Resep Overnight Oatmeal Sehat dan Lezat

Tak sampai disitu, menurut Goodson, oatmeal juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

"Serat larut dalam oatmeal bahkan dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah," kata dia.

"Selain itu, kandungan serat oatmeal meningkatkan pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan mendukung sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik," sambung dia.

Cara oatmeal bantu turunkan berat badan

Setelah mengetahui oatmeal dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet, Goodson menjelaskan lebih lanjut mengenai keunggulan oatmeal yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Membuat kenyang lebih lama

Menyantap semangkuk oat yang lezat untuk sarapan adalah cara untuk merasa kenyang dan puas, karena oatmeal menawarkan banyak serat.

Serat dapat membantu manajemen berat badan dengan menurunkan jumlah total kalori yang kita konsumsi.

"Serat membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan kenyang lebih lama, yang juga dapat membantu mengekang ngemil yang tidak sehat di antara waktu makan," kata Goodson.

Baca juga: Rekomendasi Topping Oatmeal yang Lezat, tetapi Tetap Sehat

2. Sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik

Jangan khawatir, tidak semua karbohidrat itu buruk. Faktanya, karbohidrat kompleks dapat membantu upaya penurunan berat badan.

"Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, memberikan pelepasan energi yang stabil karena proses pencernaannya lebih lambat," jelas Goodson.

"Ini dapat membantu kita tetap berenergi sepanjang hari dan menjaga kadar gula darah tetap stabil."

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com