Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2023, 15:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Usia kronologis alias usia berdasarkan tanggal lahir kita memang akan terus bertambah. Namun, sebenarnya kita bisa membuat usia biologis menjadi semakin muda.

Usia biologis merupakan usia yang didasarkan pada kondisi organ tubuh seseorang. Usia biologis ini terkait dengan berbagai risiko penyakit.

"Yang lebih bagus kalau usia biologis kita lebih muda dari pada usia kronologis. Jadi awet muda di penampilan dan organ tubuhnya," kata dr.Nadia Alaydrus dalam acara peluncuran aplikasi MyFit+ dari Sinarmas MSIG Life di Jakarta (11/10/2023).

Orang yang usia biologisnya muda berarti sangat sehat.

Pesepakbola Cristiano Ronaldo merupakan salah satu tokoh terkenal yang memiliki usia biologis jauh lebih muda dari usia kronologisnya. Ronaldo diketahui memiliki umur biologis 23 tahun di usianya yang menginjak 38 tahun berkat gaya hidup sehatnya.

Baca juga: Studi Ungkap Organ Tubuh Manusia Punya Usia Biologis yang Berbeda

Dijelaskan oleh Nadia, usia biologis yang muda bisa dicapai dengan menjalankan gaya hidup sehat. Mulai dari pola makan yang sehat, rutin berolahraga, menjauhi rokok dan alkohol, serta manajemen stres yang baik.

"Untuk pola makan, tubuh kita perlu lebih banyak protein kalau ingin usia biologis lebih muda dari usia kronologis," ujar dokter yang aktif menjadi influencer gaya hidup sehat ini.

Demikian pula dengan berolahraga, usahakan untuk bergerak aktif 30 menit setiap hari.

"Bisa dimulai dengan berjalan kaki. Kalau tidak nyaman karena panas dan polusi, bisa dilakukan di sore hari di sekitar kompleks rumah 15-30 menit tiap hari," sarannya.

Peluncuran aplikasi MyFit+ dari Sinarmas MSIG Life di Jakarta (11/10/2023).Dok Sinarmas MSIG Life Peluncuran aplikasi MyFit+ dari Sinarmas MSIG Life di Jakarta (11/10/2023).

Aplikasi gaya hidup sehat

Perilaku hidup sehat terhadap penuh tantangan untuk dapat dilakukan secara konsisten. Untuk itu Sinarmas MSIG Life menghadirkan aplikasi gaya hidup sehat MyFit+.

CEO & Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, Wianto Chen, mengatakan, aplikasi ini dibuat untuk membantu banyak orang mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik.

"Aplikasi ini untuk membantu semua lapisan umur untuk sadar dan aktif berolahraga," katanya.

Lewat fitur-fitur yang tersedia, pengguna aplikasi diharapkan akan termotivasi untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat secara menyenangkan.

Tersedia berbagai tantangan (challenge) serta goals harian dengan hadiah-hadiah yang menarik sehingga kita lebih bersemangat untuk mencapai usia biologis lebih muda.

Baca juga: 7 Tanda Kita Sebenarnya Awet Muda meski Usia Bertambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com