Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Koleksi Masarani dari Tobatenun untuk JFW 2024

Kompas.com - 24/10/2023, 06:59 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim panen, sebuah perayaan yang membangkitkan semangat dan kegembiraan, tidak hanya merupakan aspek penting dalam kehidupan agraris, tetapi juga menjadi inti dari identitas budaya Karo, Sumatera Utara.

Terinspirasi dari tradisi agrikultur yang kaya dan warisan budaya yang berlimpah, Tobatenun menghadirkan koleksi Masarani untuk Jakarta Fashion Week (JFW) 2024

Founder dan CEO Tobatenun, Kerri na Basaria mengatakan Inspirasi awal koleksi ini muncul dari jejak tradisi pertanian yang telah tertanam dalam kehidupan masyarakat Karo selama berabad-abad.

Melalui penelitian mendalam tentang kehidupan perempuan pada abad ke-18 di Karo, Tobatenun menemukan esensi yang dalam dari kehidupan agraris yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan budaya masyarakat Karo.

“Kita terinspirasi oleh tradisi agrikultur di tanah Karo kebetulan tradisi cocok tanam dan agrikultur itu sangat mendarah daging untuk orang Karo,” ungkap Kerri.

Koleksi Masarani TobatenunPutri Aulia/Kompas.com Koleksi Masarani Tobatenun

Baca juga: JFW 2024 Siap Digelar, Tampilkan Desainer Mode Lintas Generasi

Menurut Fatimah, desainer tekstil Tobatenun, proses perancangan koleksi Masarani tidaklah instan. Dalam koleksi ini, Tobatenun merevitalisasi jenis kain Uwis yang khas, termasuk Uwis Nipes dan Bekah Buluh agar bisa digunakan sehari-hari.

“Masyarakat Karo sendiri masih memiliki pakem, makanya kita coba membuat yang warna lain pada koleksi Masarani,” tutur Fatimah.

Dalam koleksinya kali ini Tobatenun juga masih mempertahankan fashion yang berkelanjutan dengan menggunakan bahan-bahan pewarna alami seperti secang, tingi, jolawe, dan mahoni.

Meski begitu, Kerri mengatakan timnya masih menghadapi tantangan besar dalam menghasil warna yang pekat dengan pewarna alami ini karena harus melakukan riset yang panjang.

Bahan pewarna alamiPutri Aulia/Kompas.com Bahan pewarna alami

Nantinya, koleksi Masarani untuk JFW 2024 akan hadir dalam 16 looks dengan potongan pakaian siap pakai (ready-to-wear).

Selain itu, koleksi Masarani ini juga menyuguhkan pemilihan warna dari terang hingga gelap yang mencerminkan semangat kegembiraan masyarakat Karo saat musim panen.

Jakarta Fashion Week 2024 ini Tobatenun gunakan untuk memperkenalkan diri dengan membawa sisi tradisional dan seni kontemporer yang bersaing dengan desain kreatif lain.

Baca juga: JMFW 2024 Resmi Digelar, Dibuka dengan Penampilan 9 Jenama Modest

Namun, Kerri sendiri belum memberikan detail lain soal koleksi Masarani yang akan disuguhkan dalam JFW 2024.

Meski begitu, ia mengajak untuk melihat koleksi Masarani di acara JFW 2024 yang diselenggarakan pada Selasa (24/10/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com