Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Gwenchana, Bahasa Korea yang Viral di TikTok

Kompas.com - 31/10/2023, 17:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ungkapan bahasa Korea seperti gwenchana (genchana) sukses menjadi tren baru di media seperti TikTok dan Instagram.

Belakangan ini banyak beredar konten video serta klip suara di yang menampilkan kalimat "gwenchana" atau "gwenchanayoo".

Biasanya video itu menampilkan adegan atau peristiwa ngenes, atau sedih, dan ucapan gwenchana seolah-olah menunjukkan kalau sabar dan baik-baik saja.

Namun, sudah tahu arti kata gwenchana dan bagaimana penerapannya dalam percakapan sehari-hari?

Baca juga: Arti Kata Daebak yang Kini Sering Jadi Bahasa Gaul Anak Muda 

Arti kata gwenchana

Menurut laman ilovelanguages, arti kata gwenchana dapat berbeda-beda tergantung pada konteksnya. Tetapi secara umum, gwenchana bermakna tidak apa-apa atau jangan khawatir.

Frasa gwenchana biasanya digunakan untuk meyakinkan seseorang kalau semuanya baik-baik saja, atau memberi tahu agar mereka tidak khawatir dengan kondisi kita.

Terutama jika kita ditanya "bagaimana kabarmu?", daripada hanya menjawab baik atau ya saja, kita dapat mengatakan "gwenchana" atau "angwaenchanayo" yang bermakna aku baik-baik saja.

@rydrayn Meongg ???????? #cat #cats #cutecat #fyp #catsoftiktok #cute #funny #kitten #kucing #kucinglucu #kucingtiktok #kucinggemoy #catlover #catsvideo #foryou #foryoupage #pet #dog #dogsoftiktok ? bunyi asal - haa

Selain itu, gwenchana juga dapat digunakan pada bermacam situasi, dan menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan empati atau bertanya tentang kabar seseorang.

Kata ini juga bisa menjadi cara lain untuk mengatakan "jangan khawatir" sekadar berkata "baiklah".

Penggunaan kata gwenchana

Bahasa Korea gwenchana dan gwenchanayo cukup sering kita dengar melalui sejumlah video yang viral di media sosial.

Meski memiliki makna yang sama, namun penggunaannya dapat berbeda. Di Korea, kata gwenchana biasanya digunakan dalam percakapan informal atau kasual.

Kata ini juga diucapkan jika kita berinteraksi atau memiliki kedekatan dengan lawan bicara. Ini mirip seperti "im fine" dalam bahasa Inggris atau "Aku rapopo" versi bahasa kekinian di Indonesia.

Namun untuk orang yang baru kita kenal, orang yang lebih tua dan dalam situasi formal, kata "gwenchanayo" lebih tepat digunakan.

Tambahan frasa kata "yo" digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua yang terdengar lebih sopan. Selain tambahan "yo", gwenchana juga memiliki frasa lain yang disebut "kinchana".

Sebenarnya "kinchana" memiliki makna yang sama seperti gwenchana, namun hanya digunakan dalam situasi atau ekspresi yang formal.

Baca juga: Arti Kata GG yang Biasa Digunakan Saat Main Game Online 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com