Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Sandwich ala New York dengan Suasana Nyaman di Apsari Artisan

Kompas.com - 07/11/2023, 19:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu hal yang terlintas ketika membayangkan makan sandwich di tengah kota New York, Amerika Serikat, adalah hiruk pikuk orang-orang dan kendaraan yang berlalu lalang.

Sebab, selama ini sandwich menjadi menu andalan warga New York untuk mengisi energi mereka dengan cepat sebelum mulai beraktivitas, khususnya di pagi hari.

Jadi, tidak heran kalau restoran atau kedai yang menjual sandwich di sana pun sebagian besar terletak di pinggiran jalan.

Makan sandwich ala New York dengan suasana nyaman

Mengadopsi menu makanan yang populer itu, sebuah restoran lokal Indonesia, Apsari Artisan, pun menawarkan pengalaman makan sandwich dengan suasana yang lebih nyaman.

Didirikan pada Desember 2020 oleh mantan insinyur elektro yang gemar memasak, Ita Yuliati, Apsari Artisan awalnya berfokus menjual berbagai varian roti artisan seperti sourdough, loaf, baguette, hingga cookies.

Setelah cukup sukses berjualan secara online, Apsari Artisan mulai membuka toko offline pada bulan Oktober 2021 di Mal Pondok Indah 3 (PIM 3), Jakarta, dengan menghadirkan 25 menu, termasuk sandwich dan pasta.

"Karena mulainya dari jualan roti, kami pun memutuskan untuk bikin menu sandwich supreme, yang bahan-bahannya semua bikin sendiri (homemade)," kata Ita kepada Kompas.com di Jakarta, belum lama ini.

"Inspirasi menu sandwich ini juga berasal dari anak-anak saya yang suka jalan-jalan. Terus waktu ke New York mereka lihat sandwich itu banyak peminatnya."

"Kami akhirnya mencoba bikin di sini. Yang paling laris itu menu The Beast Pastrami, salah satu pastrami sandwich yang ikonik di New York," terangnya.

Mengadopsi menu makanan populer di New York, restoran lokal Indonesia, Apsari Artisan, pun menawarkan pengalaman makan sandwich dengan suasana nyaman.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Mengadopsi menu makanan populer di New York, restoran lokal Indonesia, Apsari Artisan, pun menawarkan pengalaman makan sandwich dengan suasana nyaman.

Ita menjelaskan, The Beast Pastrami ini terdiri dari dua tumpuk rye bread serta irisan daging yang dimasak dengan menggunakan metode sous vide (baca: suviid) selama 1-2 hari, kemudian dilumuri dengan whole grain truffle dan honey mustard.

Yang lebih spesial lagi adalah cocolan saus yang dibuat sendiri dengan berbagai macam cabai lokal, sehingga memberikan rasa yang lebih pedas khas Indonesia.

Kini- tepatnya pada 2 November 2023, Apsari Artisan kembali membuka restoran yang lebih besar di lantai 2 PIM 3 dengan mengusung konsep Classic Mid Century serta tambahan makanan Asia, totalnya menjadi 50 menu.

"Jadi, karena orang Indonesia itu cenderung lebih banyak yang makan mie dan nasi, sekarang kami menambahkan menu makanan lebih bervariasi seperti sop buntut, nasi goreng, teriyaki, mie ayam, laksa, dan sebagainya," ujar Ita.

"Selain roti dan makanan berat, kami juga menyediakan berbagai menu kopi, tentunya ada artisan kopi yang diracik dengan tangan-tangan handal."

"Beberapa yang menjadi rekomendasi antara lain apple coffee dan yuzu coffee soda. Lalu, kami juga punya teh yang semuanya artisan dan beraroma," jelasnya.

Ita pun menambahkan, dengan konsep baru dari Apsari Artisan, segala aspek akan lebih ditingkatkan, baik itu rasa maupun kualitas pelayanan.

Seiring dengan soft launching konsep baru Apsari Artisan, menu The Beast Pastrami juga akan hadir selama bulan November dalam jumlah yang terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com