Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menstruasi Bisa Ganggu Kualitas Tidur, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 11/11/2023, 19:00 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Siklus menstruasi bisa mendatangkan berbagai keluhan bagi seorang wanita, salah satunya adalah gangguan tidur.

Menurut penelitian oleh US National Sleep Foundation pada 2020, ditemukan 30 persen perempuan yang diteliti mengalami gangguan tidur saat menstruasi dan 23 persen di antaranya sulit tidur malam delapan jam.

Akibatnya, waktu dan kualitas tidur dapat menurun sehingga berpotensi memengaruhi kesehatan mental serta produktivitas.

"Gangguan tidur lazim dialami perempuan saat menstruasi karena perubahan yang ada di tubuh perempuan seperti hormon, aliran darah, suasana hati dan juga ada kecemasan menjelang tidur seperti serta terbangun di malam hari karena pembalut bocor sehingga kualitas tidur terganggu."

"Akan tetapi, waktu dan kualitas tidur yang buruk juga dapat berdampak pada pengaruh emosional, kesehatan mental, dan produktivitas kegiatan remaja yang sedang padat-padatnya,"

Demikian kata Melissa Magdalena, M.Psi, seorang psikolog klinis Anak dan Remaja di peluncuran "Wings Care Hers Protex Comfort Night" di Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: Ketahui Ini Sebelum Berenang Saat Menstruasi 

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan perempuan untuk menambah kenyamanan saat tidur di malam hari.

Beberapa cara yang disarankan adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan merawat diri dengan perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih kurang lebih 2 liter per hari.

Kemudian sebisa mungkin untuk menghindari screen time minimal 30 menit sebelum tidur, memilih pakaian tidur yang nyaman termasuk pakaian dalam, pastikan sudah menggunakan pembalut yang bersih dan dengan ukuran yang sesuai untuk malam hari.

Penggunaan jenis pembalut juga dapat disesuaikan dengan siklus menstruasi yang dimiliki, seperti fase deras, banyak, fase awal dan akhir.

"Pahami kebutuhan dan kondisi seputar menstruasi seperti fase deras, banyak, fase awal dan akhir karena setiap fase punya kebutuhan berbeda. Cara memakai pembalut yang benar dan bersih bisa membantu meningkatkan kualitas tidur," ucap Melissa.

Baca juga: 5 Latihan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meringankan Nyeri Menstruasi 

Inovasi pembalut 35 cm

Peluncuran WINGS Care Pembalut Baru Hers Protex Comfort NightKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Peluncuran WINGS Care Pembalut Baru Hers Protex Comfort Night

Di kesempatan yang sama, Hers Protex meluncurkan pembalut sepanjang 35 cm yang didesain untuk penggunanya tetap merasa nyaman di malam hari tanpa khawatir bocor. Dengan begitu tidur pun lebih nyenyak.

"Kami sangat memahami bagaimana perjuangan remaja perempuan melalui masa pubertas dengan pengalaman menstruasi yang tidak selalu mengenakkan, seperti perut kram, mual, mood swing, bahkan sampai kekhawatiran bocor di malam hari.

"Karena itu, Hers Protex menghadirkan inovasi untuk menjawab kebutuhan remaja, salah satunya melalui produk baru Hers Protex Comfort Night 35 cm," jelas Stella Eidelina selaku Marketing Manager Hers Protex.

Hal tersebut didukung inovasi untuk memastikan pembalut bisa menyerap cairan lebih banyak dan permukaan lebih kering. 

Baca juga: Ramai soal Durasi Ganti Pembalut yang Benar Saat Menstruasi, Benarkah Setiap 4 Jam Sekali?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com