Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2023, 05:52 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak faktor yang dapat memengaruhi maupun mendukung kenyamanan ketika tidur termasuk suhu kamar tidur, nuansa seprai, dan apa yang kita kenakan saat tidur.

Semakin nyaman pakaian yang kita kenakan, semakin mudah pula kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Lalu bagaimana dengan bra yang cenderung membuat kurang nyaman?

Ahli onkologi bedah payudara, Margaret Thompson, MD, menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan memakai bra saat kita tidur.

Baca juga: 7 Hal yang Dirasakan Wanita Ketika Tidak Memakai Bra

Haruskah kita mengenakan bra ketika tidur?

Beberapa faktor mungkin memengaruhi keputusan kita untuk mengenakan bra saat tidur, namun Dr. Thompson menekankan bahwa risiko kanker payudara bukan salah satunya.

“Tidak ada bukti bahwa memakai atau tidak memakai bra saat tidur meningkatkan risiko kanker payudara, Ini benar-benar tergantung pada kenyamanan dan preferensi pribadi,” katanya.

Namun ada masalah kesehatan lain yang perlu dipertimbangkan sehingga Dr Thompson memaparkan pro dan kontra tidur dengan bra:

Pro: Mengapa tidur dengan bra mungkin baik untuk kita

Ada beberapa manfaat tidur dengan bra terutama jika kamu baru pulih dari operasi atau sehabis menyusui. Dr Thompson mencantumkan enam manfaat potensial memakai bra saat tidur yaitu:

1. Mengurangi nyeri di payudara

Menurut Sleep Foundation, 1 dari 3 orang dengan nyeri payudara (mastalgia) merasa terganggu tidurnya. Maka dalam kasus ini bra dapat membantu. Faktanya, hingga 70% wanita atau perempuan di Amerika Serikat pernah mengalami nyeri payudara yang umumnya disebabkan oleh:

  • Perubahan hormonal yang sering terjadi sebagai bagian dari siklus menstruasi.
  • Kanker payudara stadium lanjut lokal, termasuk kanker payudara inflamasi, yang merupakan 5% dari seluruh kanker payudara
  • Laktasi (produksi ASI) yang dapat menyebabkan payudara terasa nyeri
  • Payudara besar yang menyebabkan ketegangan pada ligamen dan jaringan payudara.
  • Operasi yang berhubungan dengan jantung atau payudara.
  • Pemakaian bra berkawat, terutama jika bra terlalu ketat.

“Saat seseorang melaporkan nyeri payudara, salah satu hal pertama yang kami tanyakan adalah apakah mereka memakai bra berkawat,” kata Dr. Thompson. “Ini bisa masuk ke dalam kulit atau jaringan payudara, membuatmu sakit.”

Untuk mengatasinya, gunakan bra tidur yang lembut guna mencegah payudara bergerak dan menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur.

Baca juga: Apakah Tidur Pakai Bra Benar-benar Berdampak Buruk untuk Payudara?

2. Melindungi payudara menyusui

Laktasi dapat menyebabkan perubahan signifikan pada payudara. Payudara yang bengkak atau penuh bisa terasa nyeri terutama saat kamu bergerak ketika tidur atau berganti posisi. Maka dari itu, mengenakan bra yang mendukung saat tidur dapat:

· Menahan bantalan menyusui pada tempatnya.

· Menjaga puting tetap bersih dan bebas dari bakteri.

· Mengurangi lecet pada puting.

· Mendukung struktur payudara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com