Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Pentingnya Memilih Karier Sesuai Kepribadian

Kompas.com - 14/11/2023, 15:07 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Upskilled

KOMPAS.com - Kepribadian dapat memainkan peran penting dalam berkarier, sebab karakter kita dapat memengaruhi preferensi, gaya kerja, kebahagiaan sampai tingkat keberhasilan atau kesuksesan.

Semakin selaras kepribadian dengan pilihan karier yang dijalani, maka dampaknya semakin positif bagi pertumbuhan pribadi serta perkembangan karier di masa mendatang.

Sebagai gambaran pada kepribadian introvert dan ekstrovert. Orang-orang ekstrovert lebih mungkin berkembang di tempat kerja yang sosial dan berorientasi pada pelanggan.

Sementara introvert lebih baik dalam melakukan tugas yang independen dan analitis.

Ciri-ciri itulah yang bisa memengaruhi kesuksesan kita dalam suatu peran dan kesesuaian dengan orang lain di sekitar kita.

Baca juga: Fleksibel Dalam Banyak Situasi, Kenali 8 Ciri Kepribadian Ambivert 

Alasan memilih karier sesuai kepribadian

Ada beberapa alasan yang membuat memilih karier sesuai kepribadian itu merupakan satu hal penting. Dikutip laman Upskilled, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kemudahan untuk terhubung

Salah satu keuntungan terbesar mencocokkan kepribadian dengan pekerjaan adalah kemudahan terhubung dengan kolega dan klien.

Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert misalnya, kemungkinan besar akan senang bekerja dengan orang yang menunjukkan keterbukaan yang sama, kemungkinan besar, tipe-tipe ini mengejar jalur karier yang sama dengan kita.

Dengan menyelaraskan kepribadian sebagai panduan karier, kita dapat memiliki peluang lebih tinggi untuk meningkatkan potensi, jejaring, peran, kemampuan, kinerja serta kebahagiaan kita dalam menjalani suatu peran.

2. Performa kerja lebih baik

Keselarasan antara karier dan kepribadian dapat memberi wawasan tentang tugas sehari-hari, interaksi sosial yang diperlukan.

Kepribadian dan pilihan karier yang sejalan dapat memungkinkan kita melakukan hal-hal terbaik saat menjalani tugas atau peran tersebut.

Misalnya, kita sangat tertarik dengan dunia fesyen, profesi seperti penata rambut atau penata gaya yang ramah dan berfokus pada pelanggan dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan jika kita pada dasarnya punya kepribadian pemalu atau pendiam.

Karena itu, mengejar karier yang paling sesuai dengan kepribadian dapat membantu kita mencapai kinerja performa terbaik, dan dengan demikian, meningkatkan hasil bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: Tampil Jadi Diri Sendiri, Ini 3 Tip Ciptakan Gaya Fashion Unik Sesuai Kepribadian 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com