Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

Kompas.com - 20/09/2023, 06:06 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Indeed

KOMPAS.com - Orang dengan kepribadian introvert mungkin tidak mahir dalam bersosialisasi atau bergaul saat berada di lingkungan kerja.

Namun, bukan berarti mereka tidak bisa menyesuaikan diri dan berkembang dalam pilihan kariernya.

Tidak sedikit para introvert merasa lebih menikmati bekerja di lingkungan tertentu, terutama ketika mereka menggeluti bidang pekerjaan yang cocok sesuai kepribadiannya.

Kepribadian introvert adalah orang yang memiliki ciri kepribadian yang disebut introversi. Artinya, mereka lebih cenderung menyukai aktivitas individu dan suka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian dibandingkan bersama orang lain.

Di samping itu, introvert biasanya lebih puas bekerja dalam karier yang membutuhkan lebih banyak kemandirian. 

Baca juga: 9 Hal yang Membuat Orang Introvert Bahagia 

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian introvert

Ilustrasi bekerja di kafe atau work from cafe.SHUTTERSTOCK/MIX AND MATCH STUDIO Ilustrasi bekerja di kafe atau work from cafe.

Pekerjaan ideal bagi seseorang dengan kepribadian introvert memiliki ciri-ciri seperti mengutamakan aktivitas individu daripada bekerja dalam kelompok besar

Lalu, mereka juga menyukai pekerjaan yang melibatkan orang-orang yang memiliki keterampilan mendengarkan dan observasi aktif yang sangat baik hingga bekerja di ruangan atau lingkungan yang tenang.

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert, seperti dilansir Indeed.

1. Penerjemah

Tugas utama seorang penerjemah memiliki keterampilan bahasa dan komunikasi yang sangat baik yang mereka gunakan untuk membantu klien menerjemahkan dokumen, buku, dan jenis teks tertulis lainnya.

Biasanya, penerjemah mengkhususkan diri pada satu atau lebih bahasa.

Selain tidak mengutamakan keterampilan berbicara, penerjemah juga hanya melibatkan kemampuan dan keterampilan diri sendiri untuk melakukan pekerjaannya.

2. Fotografer produk

Fotografer produk bertanggung jawab untuk menciptakan foto dan tata letak produk klien untuk mendukung kampanye, atau program pemasaran dan promosi dari suatu produk.

Banyak fotografer produk yang berspesialisasi dalam satu atau lebih jenis bidang fotografi produk, misalnya saja fotografer makanan.

Mereka memberikan layanan kepada banyak klien yang hanya mengunggah produk untuk kebutuhan klien tanpa banyak berkomunikasi secara langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com