Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Perilaku yang Menunjukkan Kecerdasan Emosional Rendah

Kompas.com - 20/11/2023, 19:01 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada perbedaan yang jelas antara memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dan kecerdasan emosional yang rendah.

Kesenjangan ini sering kali disebabkan oleh perbedaan kesadaran diri, dan mereka yang memiliki kecerdasan emosional rendah kerap bertindak dengan cara yang dapat berdampak negatif pada orang lain, tanpa mereka sadari.

Sedangkan orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi umumnya bisa memahami dan mengelola tidak hanya emosinya sendiri, tetapi juga emosi orang-orang di sekitarnya.

Orang dengan kecerdasan emosional rendah cenderung menunjukkan perilaku tertentu yang merupakan tanda ketidaksadaran mereka. Penting untuk memahami tanda-tanda ini agar kita dapat melakukan interaksi dengan lebih efektif.

Baca juga: 5 Pertanyaan untuk Menguji Kecerdasan Emosional Diri Sendiri

Berikut beberapa perilaku yang harus diwaspadai yang mengindikasikan rendahnya kecerdasan emosional.

1. Kesulitan untuk berempati

Salah satu tanda paling jelas dari rendahnya kecerdasan emosional adalah kurangnya empati, yakni kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain. Empati adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat, baik pribadi maupun profesional.

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional rendah seringkali kesulitan mengenali emosi orang lain apalagi memahami dan merasakannya. Mereka bisa terlihat tidak peduli, meskipun itu bukan niatnya.

Empati bukan berarti selalu setuju dengan orang lain, melainkan menghargai pendapat orang lain, meskipun kita tidak memiliki sudut pandang yang sama.

Mengenali perilaku ini bisa menjadi langkah besar menuju peningkatan kecerdasan emosional. Bagaimanapun, memahami orang lain dimulai dengan memahami diri kita sendiri. Tapi ingatlah bahwa ini adalah sebuah perjalanan yang perlu waktu.

2. Kesulitan menjaga pertemanan

Perilaku lain yang sering terlihat pada individu dengan kecerdasan emosional rendah adalah kesulitan mempertahankan pertemanan.

Kamu mungkin sering salah mengartikan kata-kata dan tindakan orang, menganggap teman-temanmu menyinggungmu padahal tidak dimaksudkan seperti itu.

Hal ini sering menyebabkan kesalahpahaman dan konflik dalam kelompok teman. Hal lain yang memperburuk keadaan adalah kesulitan mengenali saat kamu membuat orang lain kesal serta jarang meminta maaf.

Penting untuk menyadari bahwa sikap-sikap seperti ini dapat membuatmu kesulitan untuk mempertahankan pertemanan jangka panjang.

Memahami perilaku ini dan berupaya meningkatkan kesadaran emosional dapat membantu memperkuat hubungan seiring berjalannya waktu.

3. Bereaksi berlebihan terhadap kritik

Ciri khas orang dengan kecerdasan emosional rendah adalah ketidakmampuannya menangani kritik secara konstruktif. Mereka cenderung bereaksi berlebihan dan tersinggung meskipun kritik tersebut dimaksudkan untuk membantu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com