Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kayu Manis Bisa Sembuhkan Anyang-anyangan?

Kompas.com - 27/11/2023, 16:39 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada sejumlah rempah atau bahan alami yang diyakini bisa membantu mengatasi anyang-anyangan, salah satunya kayu manis.

Kayu manis biasa digunakan untuk mengobati gejala anyang-anyangan dengan cara merebusnya dan dijadikan minuman herbal untuk dikonsumsi selama gejala berlangsung.

Namun, apa benar kayu manis memiliki sejumlah kandungan yang berkhasiat meredakan anyang-anyangan?

Baca juga: 5 Tips Mencegah Anyang-anyangan Saat Bepergian 

Fakta kayu manis dalam mengatasi anyang-anyangan

Anyang-anyangan atau disuria termasuk sebagai gejala dari infeksi saluran kemih (ISK). Kondisi ini bisa terjadi ketika kandung kemih, ginjal, uretra, hingga ureter terinfeksi bakteri. Sedangkan bakteri yang paling umum menyebabkan ISK adalah Escherichia coli (E.coli).

Meski pun beberapa orang menggunakan kayu manis dalam meredakan anyang-anyangan, Dr Aruma Kumari, Konsultan Ahli Obstetri dan Ginekologi di Cloudnine Group Hospital, India mengatakan, sampai saat ini kayu manis belum terbukti ilmiah dapat mengobati infeksi saluran kemih.

"ISK biasanya merupakan infeksi bakteri yang memerlukan evaluasi dan pengobatan yang tepat dengan antibiotik dari dokter," katanya seperti dilansir Healthshots.

Baca juga: Daging yang Terkontaminasi Bakteri E. coli Bisa Picu Anyang-anyangan 

Jika kebetulan kita mengalami anyang-anyangan atau masalah kesehatan yang lain, penting untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat.

"Mengabaikan atau mencoba mengobatinya sendiri dengan metode yang belum terbukti justru bisa menimbulkan komplikasi atau infeksi yang menyebar ke ginjal," tambah dokter Kumari.

Lebih lanjut, terkait dengan perawatan ISK atau anyang-anyangan, biasanya pemberian antiobiotik yang diresepkan dokter dapat meringankan gejalanya.

Kemudian pastikan mengonsumsi banyak minum air putih serta menjaga kebersihan alat kelamin dapat mempercepat proses pemulihan.

"Hindari mengandalkan kayu manis atau pengobatan lainnya sebagai satu-satunya perawatan mengatasi ISK," tutupnya.

Baca juga: Waspada, Anyang-anyangan pada Pria Bisa Jadi Tanda Kanker Prostat 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com