Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2023, 17:41 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu merasa hidupmu berantakan dan ingin lebih tertata? Tidak tahu bagaimana caranya?

Memulai langkah untuk mengatur hidup mungkin memang terdengar sedikit sulit, tapi begitu hal ini dilakukan, hidup akan terasa lebih efisien.

Mengatur hidup berarti melakukan perubahan, dan ini bukanlah transformasi dalam semalam tapi perlu waktu untuk membuahkan hasil dalam jangka panjang. Jadi kamu tidak perlu terburu-buru dalam melakukannya.

Bayangkan proses ini sebagai memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat ini untuk mendapatkan kembali lebih banyak waktu di kemudian hari.

Seni mengatur hidup ini melibatkan serangkaian langkah aktif, masing-masing berkontribusi tidak hanya pada penanaman kebiasaan baik, namun juga membentuk kebiasaan yang membuka jalan menuju kesuksesan.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Mengatur Energi agar Hidup Terasa Lebih Bahagia

Terdapat langkah-langkah untuk membuat kehidupan yang lebih teratur dan bebas dari kekacauan. Penasaran apa saja itu? Simak penjelasan ini.

1. Buatlah komitmen kecil setiap hari

Menerapkan komitmen kecil sehari-hari melalui rutinitas seperti bangun pagi, berbagi momen sambil minum kopi dengan orang terdekat, menyiapkan sarapan untuk keluarga, dan berolahraga sebelum hari kerja dimulai, dapat mendorong ikita untuk bergerak dan bertindak.

Selain itu, luangkan waktu untuk merefleksikan apa yang sudah dikerjakan. Merenungkan kembali perjalanan hidup akan membantu kita terhindar dari kesalahan yang sama, sekaligus menata kembali tujuan hidup kita dan memahami sudah sejauh mana kita melangkah.

Mengapa?

Karena layaknya ucapan Socrates, “Kehidupan yang tidak diperiksa tidak layak untuk dijalani”, maka pastikan hidupmu berjalan ke arah yang benar dengan mengambil kesempatan untuk mengevaluasi diri sendiri secara berkala.

2. Tentukan prioritas

Pernah bertanya-tanya bagaimana cara menentukan prioritas dalam hidup?

Mungkin saja kamu sudah membuat daftar tugas yang tak terhitung jumlahnya, namun seberapa sering kamu mengaturnya berdasarkan prioritas?

Rahasia untuk mengatasi kekacauan hidup terletak pada menjadikan prioritas sebagai hal utama dan pertama yang harus dikerjakan.

Tidak semua tugas sama —mungkin beberapa tugas lebih penting dan mendesak dilakukan daripada hal lain. Belajarlah untuk membedakan urgensi dengan keinginan.

Seperti misalnya bersosialisasi vs menonton Netflix. Tentu pilihan kedua bisa lebih dikesampingkan dibandingkan dengan pilihan pertama yang cukup penting untuk kesehatan mentalmu.

Baca juga: Merapikan Rumah, Menata Hidup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com