Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Perawatan Wajah yang Benar Setelah Melakukan Peeling

Kompas.com - 30/11/2023, 10:03 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chemical peeling adalah salah satu metode perawatan kulit di klinik kecantikan untuk mengatasi masalah seperti jerawat, noda hitam, atau kulit tampak kusam.

Perawatan peeling sendiri merupakan upaya untuk meregenerasi kulit lebih cepat dan merata.
Namun, perlu diingat proses peeling ini harus dilakukan oleh klinik kecantikan yang terbukti aman dan dalam prosesnya diawasi dokter.

Setelah menjalani proses peeling, biasanya seseorang akan mengalami pengelupasan kulit. Menurut dr Radita dari klinik Estetiderma Bintaro, sangat penting merawat kulit dengan hati-hati agar hasil peeling maksimal.

Baca juga: Cara Kerja Peeling untuk Bikin Kulit Halus dan Cerah

Berikut hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah menjalani perawatan peeling.

Biarkan kulit mengelupas secara alami

Dokter Radita menekankan untuk tidak memaksakan proses pengelupasan kulit yang terjadi akibat peeling. Menurutnya, kulit yang telah mengalami peeling memerlukan waktu untuk mengelupas secara alami.

Hindari untuk mengupas atau menggosok kulit secara paksa, karena hal ini dapat menyebabkan luka, lecet, dan meningkatkan risiko flek baru.

“Kalau kulit itu belum lepas berarti kulit penggantinya belum siap. Kalau kita lepas, kita paksa dan keletek, malah nanti menimbulkan luka atau lecet yang itu akan menimbulkan flek baru karena setiap luka, setiap peradangan pasti ada bekasnya,” ungkap dr. Radita.

Hindari menggosok wajah

Hindari menggosok wajah saat mencuci muka, mengeringkan wajah, atau menggunakan makeup.

“Artinya aktivitas yang berisiko membuat dia terkelupas sebelum waktunya itu yang harus dihindari,” jelas dr. Radita.

Setiap gesekan pada kulit yang sedang dalam proses pengelupasan dapat mengganggu proses penyembuhan sehingga hasil yang tidak maksimal.

Baca juga: Kulit Berjerawat Aman Lakukan Chemical Peeling

Pemakaian skincare yang diperbolehkan dan dilarang

Pelembab adalah kunci: Selama proses pengelupasan, menjaga kelembapan kulit sangat penting. Gunakan moisturizer ekstra untuk mencegah kulit menjadi kering dan teriritasi.

Stop menggunakan skincare lain: Untuk sementara waktu, hentikan penggunaan skincare lain seperti serum atau krim anti-penuaan. Tunggu hingga proses pengelupasan selesai sebelum kembali menggunakan produk-produk tersebut.

“Untuk skincare lainnya distop dulu karena kita lagi menunggu kulitnya berganti. Ketika pengelupasannya sudah selesai, baru kita re-apply lagi skincare yang lain untuk menjaga hasil kulit barunya yang sudah diganti tidak kembali kusam,” jelas dr. Radita.

Sunscreen tetap wajib: Meskipun kulit sedang mengelupas, penggunaan sunscreen tetap harus diterapkan. Perlindungan dari sinar UV sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Baca juga: Penyebab Bekas Jerawat Menjadi Bopeng

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com