Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Peeling untuk Bikin Kulit Halus dan Cerah

Kompas.com - 24/11/2023, 16:12 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Peeling di klinik kecantikan merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas kulit menjadi lebih halus, warna lebih cerah dan rata, serta bebas jerawat.

Perawatan chemical peeling adalah metode perawatan yang melibatkan pengelupasan lapisan kulit terluar (epidermis) untuk merangsang regenerasi kulit yang baru.

Dalam perawatan ini dokter akan mengoleskan cairan asam yang telah diformulasikan secara medis.

dr.Radita Primakirana Sediadi, dari klinik Estetiderma Bintaro.KOMPAS.com/Lusia Kus Anna dr.Radita Primakirana Sediadi, dari klinik Estetiderma Bintaro.
"Cairan tersebut dapat mengandung berbagai bahan aktif seperti retinol, salicylic acid, hingga sari buah-buahan yang bisa digunakan untuk kulit yang sensitif," kata dr.Radita Primakirana Sediadi, dari klinik Estetiderma Bintaro, Tangerang Selatan dalam wawancara dengan Kompas Lifestyle (7/11/2023).

Baca juga: Kebiasaan dan Perawatan yang Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Prinsip dasar dari prosedur peeling adalah untuk mempercepat regenerasi kulit. Ini berarti lapisan kulit yang seharusnya belum waktunya berganti akan mengalami pergantian lebih cepat dari biasanya.

“Artinya kulit yang belum saatnya berganti ketika diaplikasikan (cairan peeling) dia akan berganti lebih cepat,” tambah dr. Radita.

Jika biasanya proses regenerasi kulit terjadi selama 40-an hari, dengan peeling proses tersebut dipercepat hingga lima hari.

“Nah setelah peeling pergantian kulit wajah terjadi secara bersama-sama, jadi itu akan membuat warna kulit menjadi rata,” jelas dr. Radita.

Ia menyebut, setelah satu kali peeling biasanya sudah dapat terlihat hasilnya. Namun setiap orang memiliki kondisi dan respon kulit yang berbeda-beda.

Baca juga: Sering Chemical Peeling Bikin Kulit Merah dan Tipis?

Walau eksfoliasi yang biasa kita lakukan di rumah dengan skincare mengandung asam, tetapi peeling di klinik memiliki cara kerja berbeda.

Menurut dr.Radita, eksfoliasi berfokus pada membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit.

Proses ini tidak melibatkan penggantian lapisan kulit itu sendiri, namun hanya membersihkan permukaan.

"Sedangkan peeling berbeda karena melibatkan regenerasi lapisan kulit. Saat melakukan peeling, kita secara aktif mengganti lapisan kulit yang baru, sehingga tidak hanya membersihkan permukaan kulit, tetapi juga mempercepat proses regenerasi kulit," ujarnya.

Setelah proses peeling kulit akan mengelupas, biasanya sampai 5 hari. Pada fase ini sebaiknya jangan menarik-narik kulit yang mengelupas.

Setelah fase ini dilewati, kita akan mendapati kulit yang lebih halus, bersih, dan cerah.

Baca juga: Manfaat Serum dengan Vitamin C dan A, Bikin Kulit Cerah dan Awet Muda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com