Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengenal Warna Diri untuk Tingkatkan Performa Penampilan

Kompas.com - 08/12/2023, 11:42 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengenal personal colour atau warna diri dapat menjadi langkah penting dalam meningkatkan penampilan secara personal.

Warna, khususnya pada busana yang kita kenakan dapat memberikan kesan, memengaruhi mood dan meningkatkan rasa percaya diri.

Konsultan warna dan citra sekaligus pendiri WOW Colour Style Academy, Oya Miranti menjelaskan, penggunaan warna busana yang tepat sesuai citra personal dapat membantu kita lebih mengenal potensi diri dalam berpenampilan.

"Memahami setiap warna diri dapat membantu kita merasa lebih baik dan memberi impresi tertentu sesuai dengan persona diri,"

"Kalau memakai warna tidak sesuai konteks, tentu saja itu bisa membuat kita tidak terlihat atau bahkan kalah sama warna busana yang kita pakai," jelas Oya Miranti dalam launching WOW Colour Style di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 3 Tips Temukan Personal Colour demi Tampil Percaya Diri 

Cara mengenal warna diri

Oya Miranti, konsultan warna dan citra sekaligus pendiri WOW Colour StyleKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Oya Miranti, konsultan warna dan citra sekaligus pendiri WOW Colour Style

Oya juga menjelaskan, personal colour adalah warna-warna yang cocok digunakan seseorang berdasarkan ciri khas dirinya.

Warna ini pun dapat meliputi warna busana hingga warna riasan agar membuat penampilan menjadi lebih stunning.

Dalam menentukan warna diri, ada serangkaian tes sederhana yang dapat dilakukan di rumah, seperti melihat warna urat nadi, undertone skin (warna dasar kulit) dan lain sebagainya.

"Tapi kalau untuk orang Indonesia yang kulitnya kuning langsat atau sawo matang, warna urat nadi tidak terlalu signifikan ya. Jadi undertone kulit dapat menjadi acuannya," jelas Oya.
Berikut beberapa tips yang disampaikan Oya untuk memahami warna diri.

1. Cek undertone kulit melalui tes kain silver dan gold

Mengecek undertone skin dan warna yang cocok sesuai personal colourDok, Wow Style Colour Mengecek undertone skin dan warna yang cocok sesuai personal colour

Tes undertone kulit dapat menjadi cara pertama untuk melihat kecocokan warna. Caranya adalah menyiapkan kain berwarna silver dan gold (emas) dan cermin.

"Sebenarnya ada banyak warna kain yang bisa jadi pembanding, tapi untuk dasar dan lebih mudah ya silver dan emas ini," paparnya.

Kemudian letakkan kain itu di dada atau bawah dagu, lalu kita berkaca dan melihat apakah kulit kita lebih menonjol dari warna kain atau tidak.

Ada dua parameter yang bisa ditarik kesimpulan. Jika kulit wajah lebih cocok saat dipadukan dengan kain emas, maka kita masuk ke dalam kategori warm undertone skin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com