Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Asupan Terbaik dan Terburuk untuk Ginjal Menurut Ahli Diet

Kompas.com - 12/12/2023, 08:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ginjal merupakan organ penting yang bekerja keras untuk menyaring limbah dan racun, serta menyeimbangkan cairan, mineral, maupun garam di dalam tubuh.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, ginjal juga berfungsi menyaring setengah cangkir darah setiap menitnya.

Setiap ginjal mengandung sekitar satu juta nefron, penyaring khusus yang membantu membuang limbah dari darah. Sehingga, asupan nutrisi yang masih dibutuhkan tubuh dapat disalurkan kembali ke dalam darah, kemudian limbah dan kelebihan cairan dipisahkan untuk menghasilkan urine.

Ginjal kita juga bekerja untuk menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat, agar jantung dapat berdetak dan saraf dapat mengirimkan sinyal.

Tak hanya sampai di situ, organ ini berperan membuat hormon yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah baru dan tulang yang sehat.

Berdasarkan data dari National Kidney Foundation, diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah dua penyebab utama penyakit ginjal.

Dan menjaga pola makan yang ramah ginjal adalah salah satu cara yang dapat membantu kita mencegahnya.

Bahkan, jika kita tidak hidup dengan penyakit ginjal, ada baiknya untuk memasukkan makanan sehat ke dalam menu harian yang dapat membantu ginjal melakukan tugasnya.

"Kita tahu betapa pentingnya nutrisi bagi kesehatan ginjal," kata Catalina Ruz, ahli diet terdaftar dari Top Nutrition Coaching yang berbasis di Philadelphia, AS.

"Untungnya, kita tidak perlu bergantung pada minuman detoks yang aneh atau ramuan yang tidak menggugah selera untuk mendukung ginjal kita, karena ada banyak asupan yang bermanfaat bagi siapa saja yang tertarik pada perawatan ginjal," terangnya.

Baca juga: Apel hingga Ubi Jalar, 6 Makanan Terbaik untuk Perbaiki Fungsi Ginjal

Lebih lanjut, Catalina pun membagikan beberapa asupan terbaik dan terburuk untuk ginjal, sebagaimana dilansir dari laman Eating Well berikut ini.

Asupan terbaik untuk ginjal

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau gelap adalah sumber antioksidan, vitamin C, E, dan K, serta mineral kalsium, magnesium, kalium dan zat besi, yang membuatnya sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal.

"Sayuran ini memerangi peradangan dan melindungi dari kerusakan oksidatif yang terjadi ketika ginjal bekerja terlalu keras," ungkap Catalina.

2. Ceri tart

Ginjal memiliki arteri dan vena yang kecil dan halus yang dapat menjadi rusak ketika tekanan darah terlalu tinggi untuk waktu yang lama.

Makanan yang mendukung tekanan darah yang sehat juga mendukung ginjal yang sehat, dan ceri tart atau ceri asam adalah salah satu dari makanan tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com