Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Kembali, Lukisan Rembrandt Bernilai Sekitar Rp 217 M

Kompas.com - 16/12/2023, 19:39 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Pada tanggal 6 Desember lalu, lukisan Rembrandt yang ditemukan kembali dijual di Balai Lelang Sotheby's di London dengan harga hampir Rp 217 miliar, di mana harga ini merupakan peningkatan nilai yang signifikan dibandingkan dua tahun lalu.

Lukisan bertajuk “The Adoration of The Kings” (ca. 1628) ini sempat menghilang dari pandangan publik pada tahun 1950-an dan muncul kembali pada tahun 2021 di lelang Christie’s di Amsterdam.

Pada saat itu, lukisan tersebut dianggap sebagai karya yang dibuat oleh murid Rembrandt, yang kadang-kadang disebut sebagai “Lingkaran Rembrandt”, dan nilainya diperkirakan antara Rp 162 juta hingga Rp 245 juta.

Setelah pemeriksaan ekstensif dan penyelidikan delapan bulan yang mencakup imaging inframerah dan x-ray serta pemeriksaan oleh para ahli terkemuka, Sotheby's akhirnya menentukan bahwa lukisan tersebut adalah karya Rembrandt van Rijn asli dan nilainya diperkirakan bisa mencapai Rp 279 miliar.

Baca juga: Dikira Palsu, Lukisan di Museum Belanda Ternyata Karya Asli Rembrandt

Lukisan ini sebagian besar berwarna monokromatik dan menggambarkan kisah kitab suci tentang tiga orang bijaksana saat mereka mengunjungi bayi Yesus.

Meskipun ukurannya hanya sekitar 9,6 x 7,2 inci, lukisan ini dianggap “sangat penting” oleh juru bicara Sotheby's karena karya tersebut menambah pemahaman kita tentang Rembrandt pada tahap penting dalam perkembangannya, di mana dia “jelas sangat ambisius dan berkembang sangat cepat sebagai seorang seniman.”

“Seorang seniman yang terkenal karena lukisan monokromnya serta yang berwarna, menciptakan lukisan ini tanpa warna apa pun tetapi dengan corak, suatu pencapaian yang menakjubkan dan bukti ambisinya serta kejeniusannya dalam menggunakan kuas,” demikian pernyataan Sotheby's.

Pertama kali dicatat dalam inventaris tahun 1714 dalam kepemilikan seorang kolektor di Amsterdam, lukisan The Adoration of The Kings (1628) ini kemudian dijual beberapa kali selama seratus tahun hingga muncul kembali pada tahun 1955 melalui katalog kolektor Jerman, J.C.H. Heldring.

Ahli waris Heldring telah menjual karya tersebut ke Christie's tepat sebelum dia meninggal, setelah lukisan itu sempat tidak terlihat selama 70 tahun.

Baca juga: Lukisan Usang yang Akan Dibuang Ternyata Karya Senilai Rp 387 M

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com