Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2024, 15:11 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Momen-momen khusus, misalnya ulang tahun, Natal, atau tahun baru, biasanya kurang lengkap tanpa pemberian kado. 

Namun, bagaimana kalau pemberian yang diterima tidak diinginkan alias mengecewakan? Contohnya kado berupa baju yang ukurannya tidak pas, parfum yang aromanya tidak kamu sukai, atau buku yang tidak sesuai selera.

Baca juga: Dapat Kado Natal yang Tidak Disukai? Jangan Langsung Cemberut

Menurut ketua Departemen Konseling dan Pendidikan Tinggi di Northern Illinois University, Amerika Serikat (AS), Suzanne Degges-White, hadiah terbaik adalah ketika seseorang tahu apa yang kamu sukai karena mereka memperhatikan hal-hal tentangmu.

"Dan ketika orang-orang tidak bisa melakukannya dan memberi kita sesuatu yang tidak kita inginkan, kita merasa tidak diperhatikan dan tidak dihargai sebagaimana kita ingin dihargai," tutur Degges-White, dikutip dari CNN, Rabu (3/1/2024).

Lantas, bagaimana kalau kamu kecewa dengan kado yang didapat? Apa sebaiknya kamu langsung tolak di tempat? Simak selengkapnya:

Baca juga: Sejarah Tradisi Memberi Kado di Hari Natal, Ada sejak Zaman Romawi

Bagaimana jika tidak suka dengan kado yang didapat?

1. Temukan hal-hal yang disyukuri dari hadiah itu

Ilustrasi kado.Dok. Unsplash/Kira auf der Heide Ilustrasi kado.

Bila menerima kado yang tidak sesuai keinginan, penting untuk tetap bersyukur. 

Terapis keluarga dan pernikahan di Loma Linda University Behavioral Medicine Center in Redlands, AS, Mielad Owraghi, menganjurkan orang-orang untuk menemukan sesuatu untuk disyukuri dari pemberian tersebut.

"Namun, jika kamu merasa kamu tidak mendapat kado yang diinginkan, mungkin kamu butuh lebih berkomunikasi dengan sang pemberi hadiah jadi mereka memahami apa yang sebaiknya diberikan untukmu," tutur Owraghi. 

Salah satu cara untuk mencoba bersyukur adalah bertanya ke pemberi kado tentang alasan mereka memilih hadiah tersebut guna mengetahui pemikiran sang pemberi hadiah.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com