Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Orang Gemuk Cocok Pakai Baju Motif Kotak-kotak? 

Kompas.com - 16/01/2024, 20:47 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Baju motif kotak-kotak yang merupakan persilangan garis vertikal dan horizontal adalah motif ikonik. Motif kotak-kotak ini, menjadi pilihan banyak orang karena memberikan penampilan yang stylish

Namun, orang yang memiliki badan berisi cenderung gemuk, kerap ragu untuk mengenakan pakaian motif kotak-kotak. Muncul pertanyaan, apakah orang gemuk cocok pakai baju motif kotak-kotak?

Baca juga:

Menurut sejarahnya, motif kotak-kotak merupakan pakaian kenegaraan Skotlandia. Ternyata motif kotak-kotak ini sudah populer sejak abad ke-16, lho. 

Kini, motif kotak-kotak sudah menjadi salah satu tren fesyen dunia. Ada beberapa tipe motif kotak-kotak yang bisa kamu jumpai, seperti tartan, gingham, Houndstooth, dan plaid.

Apakah orang gemuk cocok pakai baju kotak-kotak? 

Ilustrasi orang gemuk mengenakan baju kotak-kotakShutterstock/T.Den_Team Ilustrasi orang gemuk mengenakan baju kotak-kotak

Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi orang gemuk untuk mengenakan pakaian apapun, termasuk pakaian motif kotak-kotak. Kunci utama untuk membuat penampilan menarik adalah rasa percaya diri dan nyaman.

Tidak dipungkiri, secara umum, motif kotak-kotak cenderung membuat badan  terlihat lebih berisi dibandingkan aslinya, dilansir dari Stylish Curves. Hal ini disebabkan, pola yang ramai dapat menciptakan ilusi badan lebih lebar. 

Namun demikian, jangan khawatir. Sebab, dengan teknik styling yang tepat orang gemuk tetap bisa tampil stylish dengan baju motif kotak-kotak. Hal ini bergantung pada berbagai faktor, seperti jenis pola kotak-kotak, warna, dan mix and match yang tepat. 

Baca juga:

Jadi, secara umum  tidak ada jawaban benar atau salah mengenai pertanyaan apakah orang gemuk cocok pakai baju kotak-kotak? 

Sebab, hal tersebut adalah preferensi pribadi mengenai fesyen dan mode. Namun, jika kamu memiliki badan berisi dan menyukai baju motif kotak-kotak, maka pakailah. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com