Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Perlengkapan Bayi 0-3 Bulan yang Wajib Ada di Rumah 

Kompas.com - 28/01/2024, 15:25 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bayi membutuhkan perawatan khusus sehingga ibu harus menyediakan beberapa perlengkapan di rumah. Namun, karena terlalu bersemangat menyambut buah hati, terkadang ibu-ibu membeli banyak perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak dibutuhkan. 

Pada umumnya, perlengkapan bayi dikategorikan sesuai usia karena menyesuaikan dengan perkembangannya. Meliputi, bayi usia 0-3 bulan, 4-6 bulan, 6-9 bulan, dan 9-12 bulan. 

Baca juga:

Lantas, apa saja perlengkapan bayi 0-3 bulan? Simak ulasannya berikut ini. 

Perlengkapan bayi 0-3 bulan

Berikut sejumlah perlengkapan bayi baru lahir yang menjadi prioritas dilansir dari Parents dan Baby Center. 

1. Baju bayi 

Ilustrasi pakaian bayi, perlengkapan bayi 0-3 bulanSHUTTERSTOCK/IGISHEVA MARIA Ilustrasi pakaian bayi, perlengkapan bayi 0-3 bulan

Pada usia 0-3 bulan, bayi membutuhkan pakaian yang nyaman, karena kulitnya masih sangat sensitif. Karenanya, ibu harus memilih baju bayi dengan bahan yang lembut dan mudah dipakai. 

Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak baju bayi baru lahir, karena bayi tumbuh dengan cepat. Beberapa perlengkapan baju bayi 0-3 bulan antara lain, baju tidur, baju pendek, kaos kaki, dan sarung tangan.

Kamu bisa menjumpai satu set baju bayi yang dijual di marketplace dengan harga mulai dari Rp 150.000-an. 

2. Popok bayi 

Ilustrasi popok, perlengkapan bayi 0-3 bulan
Pexels/ Karolina Grabowska Ilustrasi popok, perlengkapan bayi 0-3 bulan

Ibu bisa memilih untuk menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Usahakan pilihan tersebut cocok dengan kulit bayi, karena setiap pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Untuk bayi usia 0-3 bulan, biasanya memakai ukuran XS atau S. Namun, bisa disesuikan dengan berat badan bayi. 

Pastikan untuk mengganti popok bayi secara teratur. Para dokter atau ahli merekomendasikan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau segera setelah bayi buang air kecil atau besar. 

Tujuannya, agar si kecil terhindar dari masalah ruam popok. Saat membeli popok, sebaiknya dalam jumlah kecil dulu untuk mencoba apakah popok tersebut cocok di kulit bayi. 

3. Produk perawatan bayi 

Bayi baru lahir membutuhkan perawatan khusus karena kulitnya masih sensitif. Ibu bisa menemukan berbagai produk perawatan bayi di marketplace atau toko bayi terdekat. 

Beberapa produk perawatan bayi yang perlu ibu persiapkan antara lain, sabun dan shampo bayi, diaper cream untuk mencegah ruam popok, dan minyak telon untuk menghangatkan tubuh si kecil. 

Ibu juga perlu menyiapkan lotion bayi untuk menjaga kelembapan kulit buah hati. Perlu diketahui, bayi baru lahir juga kerap mengalami kembung hingga rewel, sehingga ibu perlu menyiapkan baby calming rub cream.

Baca juga:

4. Perlak bayi 

Perlengkapan bayi 0-3 bulan selanjutnya adalah perlak. Pilihlah perlak kedap air sehingga nyaman untuk bayi dan ibu sendiri. 

Ibu bisa menggunakan perlak sebagai alas saat mengganti popok si kecil sehingga tidak membahasi tempat tidur. Ada berbagai pilihan perlak kedap air di marketplace atau toko bayi dengan beragam motif lucu, mulai dari Rp 80.000-an.

5. Termometer 

Ilustrasi termometer, perlengkapan bayi 0-3 bulan
UNSPLASH/DONY WARDHANA Ilustrasi termometer, perlengkapan bayi 0-3 bulan

Termometer adalah perlengkapan bayi yang wajib tersedia di rumah. Alat pengukur suhu tubuh ini, bisa bermanfaat hingga bayi tumbuh besar nantinya. 

Termometer sangat dibutuhkan saat bayi tiba-tiba demam. Sebab, ada tingkat suhu badan bayi yang patut diwaspadai sesuai dengan anjuran dokter anak.

Selain itu, bayi rawan demam usai menerima imunisasi. Jadi, sebaiknya orangtua menyediakan termometer untuk mengecek suhu badan bayi sekaligus memahami kondisi demam yang patut diwaspadai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com