Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Punya Kulit Sawo Matang, Orang Indonesia Patut Bangga

Kompas.com - 29/01/2024, 19:07 WIB
Dinno Baskoro,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang Indonesia patut berbangga dengan warna kulit sawo matang yang dimiliki.

Sebab, warna kulit yang cenderung tanned ini memiliki daya tarik yang tak cuma menarik dari segi estetika, tetapi juga memiliki keuntungan dari sisi kesehatan.

Dokter kulit tersertifikasi badan asal Amerika Serikat, Dr. Muneeb Shah mengatakan, tidak sedikit orang luar negeri, terutama dari negaranya, yang menganggap kulit sawo matang terlihat eksotis.

Baca juga:

Sementara dari segi kesehatan, tingkat melanin yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan alami dari dampak buruk iklim Tropis hingga paparan sinar matahari.

Keuntungan punya kulit sawo matang

lebih lanjut, Dr. Shah mengatakan, ada sederet keuntungan yang patut dibanggakan oleh orang-orang di Indonesia hingga yang tinggal di negara beriklim tropis, yaitu: 

1. Proteksi lebih dari dampak buruk sinar matahari

Kulit sawo matang, kata Dr. Shah, dapat memberikan perlindungan alami dari efek iklim tropis seperti paparan sinar matahari dengan indeks ultraviolet (UV) tinggi dan intensitas kelembapan tinggi dibandingkan jenis kulit yang lebih terang.

Tingginya tingkat melanin pada kulit sawo matang dikatakan dapat membantu mencegah risiko kerusakan kulit akibat sinar UV, menjaga kulit tetap sehat.

"Ini sebenarnya menguntungkan karena dapat memberikan proteksi lebih dari dampak paparan sinar matahari dan iklim," katanya dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kulit Kering, Moisturizer Saja Belum Cukup

2. Kelembapan kulit lebih terjaga

Tingkat kelembapan yang tinggi di Indonesia memungkinkan kulit terus berada dalam kondisi lembap.

Hal ini membuat orang Indonesia relatif tidak perlu terlalu sering menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, terutama jika dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di negara beriklim dingin atau panas.

"Orang-orang di Indonesia saya rasa punya tingkat kelembapan kulit yang bagus dan ini bisa mencegahnya kena masalah kulit kering. Kelembapan lingkungan pada dasarnya juga bagus, bisa menjaga kondisi skin barrier tetap sehat," ucap Dr. Shah.

Baca juga: 3 Cara Memilih Concealer yang Sesuai Warna Kulit

Meski demikian, bukan berarti penggunaan pelembap tidak diperlukan jika tinggal di Indonesia.

Penggunaan pelembap dapat menjaga kondisi kulit tetap terhidrasi, terutama pada orang dengan kondisi kulit kering, sensitif, dan memiliki masalah tertentu pada kulit sejak lahir.

Selain itu, bagi orang dengan kulit berminyak, penggunaan pelembap juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih untuk mencegah masalah kulit lainnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com