Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Minum Air Putih?

Kompas.com - 30/01/2024, 09:09 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak memerlukan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Jika anak susah minum air putih, jangan sepelekan kondisi ini. Pasalnya, jika kebutuhan cairan tak terpenuhi, maka anak berpotensi terkena penyakit seperti demam tinggi. 

Dampak dehidrasi pada anak juga menimbulkan efek negatif. Sebab, selain berfungsi mengatur temperatur tubuh, air juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses pencernaan. 

“Anak yang suka (minum) air, kalau terkena batuk atau demam, biasanya lebih cepat sembuh dibanding yang enggak suka (minum) air putih,” jelas dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp.A, MARS dalam sesi talkshow di acara peluncuran Brand Ambassador Cleo, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2024). 

Baca juga: Kenapa Anak Susah Minum Air Putih? Ini Kata Dokter

Baca juga: Efek Terlalu Banyak Minum Air Putih, Pengaruhi Ginjal dan Otak

Cara mengatasi anak susah minum air putih

Ilustrasi anak minum air putihDok. Shutterstock/polkadot_photo Ilustrasi anak minum air putih

Atas hal itu, Tiwi pun mengungkap, satu-satunya cara untuk mengatasi agar anak suka minum air putih adalah mengajarkannya secara bertahap. 

“Kalau dari kecil enggak dikenalkan, pasti gedenya jadi nggak suka. Harus dikenalkan dulu sejak dia usia 6 bulan, pas udah boleh makan makanan lain selain ASI. Kayak minum obat, kalau dikasih sedikit-sedikit, nanti jadi suka,” ujar dr. Tiwi kepada Kompas.com saat ditemui usai sesi talkshow, Sabtu (27/1/2024). 

Dokter Tiwi juga mengatakan, jika anak sudah terlanjur kenal minuman manis, orangtua harus mencontohkan untuk rutin minum air putih selama di rumah. 

“Anak jangan dilepas gitu aja, harus dicontohin dan dikasih habit (kebiasaan). Kebiasaan itu juga bisa diakalin pakai jus buah dulu, walaupun jus buah tidak direkomendasikan ya untuk anak dari segi medis, tapi bisa diakali pakai jus buah dulu,” tambahnya.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com