Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2024, 17:57 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak kerap kali mengalami demam yang muncul tiba-tiba. Kondisi ini kerap kali membuat orangtua panik, sehingga ingin segera memberi obat atau membawa ke dokter. 

Melansir dari situs IDAI dan Ayo Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada beberapa cara mengatasi anak demam di rumah tanpa obat atau secara alami.

Baca juga:

Namun, perlu diingat jika demam pada anak masih berlanjut serta muncul kondisi yang mengharuskan anak dibawa ke dokter, maka orangtua harus segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cara mengatasi anak demam tanpa obat 

Berikut cara mengatasi anak demam tanpa obat yang bisa dilakukan di rumah, seperti dilansir dari situs IDAI dan Ayo Sehat Kemenkes

1. Kompres air hangat 

Ilustrasi anak demam, cara mengatasi anak demam tanpa obatSHUTTERSTOCK Ilustrasi anak demam, cara mengatasi anak demam tanpa obat

Dikutip dari situs IDAI, kompres menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan demam pada anak, dengan cara mengeluarkan panas lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan. 

Kompres menggunakan air hangat di lipat an ketiak dan lipatan selangkangan selama 10-15 menit. Sebaliknya, tidak disarankan kompres menggunakan air dingin karena dapat mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh. 

2. Perbanyak cairan 

Jika anak demam, orangtua wajib memastikan anak terpenuhi kebutuhan cairannya, agar tidak dehidrasi. 

Namun, meminta anak untuk minum air putih saat demam bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu, orangtua bisa mencari alternatif cairan seperti kaldu ayam hangat atau jus buah encer, dilansir dari situs Ayo Sehat Kemenkes. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com