Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2024, 11:43 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa hitam menjadi warna pakaian yang disukai di mana pun: Warnanya abadi, tidak tergantung musim, mudah dipadupadankan, tampak mewah dan menawan. 

Kita tidak hanya dapat memasangkan hitam dengan hampir semua warna lain, tetapi warna ini juga mampu menyembunyikan noda lebih baik daripada rona lainnya.

“Posisi warna hitam dalam dunia fesyen tidak tertandingi,” kata Sunica Du, perancang busana dan pemilik Sunica Design. 

“Baik menghadiri pertemuan bisnis atau makan siang akhir pekan, pakaian hitam bisa dikenakan secara resmi maupun kasual. Hitam juga menyerap cahaya, mengurangi tampilan kontur tubuh dan menciptakan efek melangsingkan.”

Meski begitu, ada beberapa hal yang tidak disarankan untuk dilakukan saat mengenakan pakaian berwarna hitam.

Baca juga: 5 Warna Baju Netral Selain Hitam, Cocok untuk Semua Warna Kulit

“Warna hitam tidak selalu menjadi sahabat terbaik kita,” kata Kim Apodaca, seorang penata gaya eksekutif yang berbasis di Los Angeles. "Hitam bisa memberikan bayangan kasar yang membuat kita tampak lelah dan lebih tua."

Kesalahan saat memakai buana hitam

Untuk memastikan pakaian hitam yang kamu kenakan nyaman dan bergaya, hindari kesalahan  saat mengenakan pakaian hitam, seperti berikut ini:

1. Memasangkan dengan warna navy

Ilustrasi perempuan berbaju biruSHUTTERSTOCK Ilustrasi perempuan berbaju biru
Meskipun memadukan warna hitam dan biru tua sudah lama menjadi perdebatan mode, para penata gaya umumnya menyarankan untuk menghindari kombinasi ini.

“Kedua warna ini terlalu mirip sehingga kontras namun tidak identik, sehingga menciptakan tampilan yang kacau,” jelas Du.

Daripada warna biru tua yang terlalu mendekati hitam, Du menyarankan untuk memadukan warna hitam dengan warna biru royal atau biru langit yang lebih terang.

Baca juga: 5 Kombinasi Warna yang Tidak Disarankan Dipakai Bersamaan

2. Mengenakan pakaian serba hitam 

Perempuan memakai baju serba hitam.PIXABAY/xusenru Perempuan memakai baju serba hitam.
Meskipun mengenakan pakaian berwarna hitam dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa terlihat cantik bila pemakai dan gayanya tepat, para ahli sepakat bahwa tampilan ini terlalu berlebihan untuk dikenakan kebanyakan orang, terutama seiring bertambahnya usia.

“Setelan serba hitam dapat membuat kamu terlihat kusam atau menciptakan penampilan yang berat dan monolitik,” kata Du.

Vivienne Desurmont, pakar gaya dan pendiri Maison Vivienne Paris, mencatat bahwa serba hitam juga bisa terlihat suram dan menakutkan tanpa ada elemen kontras.

“Coba tambahkan semburat warna untuk menghilangkan kesan monoton,” sarannya. Misalnya, aksesori dengan syal warna-warni atau perhiasan warna cerah.

3. Memakainya untuk alasan yang salah

Ilustrasi perempuan berbada besar Ilustrasi perempuan berbada besar
“Hitam bisa melambangkan keanggunan, keseriusan, dan otoritas, namun masalahnya adalah banyak orang mengenakan warna hitam untuk menyembunyikan bentuk tubuhnya atau hanya karena mudah dipakai,” kata Elizabeth Lewis, pendiri dan CEO Brand, Style & Bloom. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com