Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Mirip, Ketahui 4 Perbedaan Zumba dan Aerobik

Kompas.com - 07/03/2024, 15:00 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Zumba dan aerobik merupakan olahraga yang sama-sama menyenangkan, karena diiringi dengan musik sehingga membuat bersemangat. Meskipun mirip, namun ada perbedaan zumba dan aerobik, lho. 

Meskipun beda, baik zumba maupun aerobik sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat membakar kalori. Penasaran apa perbedaan zumba dan aerobik? 

Baca juga:

Simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir Kompas.com dari Indiana Express dan Difference Digest. 

Perbedaan zumba dan aerobik

Ilustrasi sekelompok orang yang sedang melakukan gerakan zumbaFreepik.com Ilustrasi sekelompok orang yang sedang melakukan gerakan zumba

1. Gerakan 

Zumba merupakan senam yang gerakannya terinspirasi dari berbagai gaya tarian Amerika Latin, serta diiringi dengan musik. 

Tidak jauh berbeda, aerobik merupakan senam yang melibatkan gerakan pemanasan. Lalu, dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intens dan diikuti dengan jeda. 

2. Kalori yang dibakar 

Baik zumba maupun aerobik, sama-sama dapat membakar kalori. Namun, jumlah kalori yang dibakar berbeda. Zumba dengan intensitas tinggi dapat membakar antara 300 dan 900 kalori selama satu jam, dilansir dari Healthline. 

Sebuah studi pada 2012 terhadap 19 peserta zumba wanita berusia 18 hingga 22 tahun mengungkapkan, mereka berhasil membakar rata-rata 9,5 kalori per menit. 

Sementara, aerobik dapat membakar 6,6 hingga 9,8 kalori per menit. 

Aerobik tidak seefektif zumba dalam membakar kalori dan lemak. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine & Science menunjukkan bahwa, peserta yang melakukan zumba membakar kalori 20 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang melakukan aerobik.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com