Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Dibahas karena Han So Hee-Ryu Jun Yeol, Apa Itu Transit Love?

Kompas.com - 24/03/2024, 21:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artis peran Han So Hee dan Ryu Jun Yeol sedang ramai menjadi perbincangan di dunia hiburan Korea Selatan dalam beberapa waktu terakhir.

Keduanya dikonfirmasi telah menjalin hubungan asmara dan belum lama ini sempat terlihat menghabiskan liburan bersama di Hawaii.

Hal tersebut menuai kontroversi lantaran netizen menduga bahwa Ryu Jun Yeol terlibat "transit love" dengan Han So Hee saat masih berpacaran dengan aktris Hyerin, mantan kekasihnya selama tujuh tahun.

Baca juga:

Istilah transit love kemudian banyak dibahas oleh netizen di media sosial (medsos). Jadi, apa sebenarnya transit love? Berikut penjelasannya.

Apa itu transit love?

Transit love awalnya dikenal sebagai salah satu program variety show yang cukup digemari di Korea Selatan.

Dikutip dari laman Korea JoongAng Daily pada Minggu (24/3/2024), program garapan stasiun televisi SBS ini menayangkan kisah perjodohan orang-orang yang sudah menjadi mantan kekasih.

Dalam acara tersebut, beberapa orang berharap bisa bertemu dan menjalin hubungan dengan sang mantan, tetapi ada pula yang bersiap untuk menemukan romansa dengan peserta lainnya. Jadi, tentu saja ada banyak emosi dan ketegangan.

Baca juga:

Lantas, dari situ, istilah transit love pun mulai digunakan oleh orang-orang Korea ketika ada seorang laki-laki yang sudah punya pacar jatuh cinta dengan orang lain dan memilih putus dengan pacarnya agar bisa bersama dengan perempuan yang disukainya itu.

Berdasarkan survei yang dikutip dari The Korea Herald, sebagian besar orang Korea Selatan percaya bahwa seseorang perlu waktu untuk sendiri setelah memutuskan hubungan asmara, sebelum masuk ke dalam hubungan yang baru.

Sehingga transit love dianggap sebagai perselingkuhan, meskipun orang tersebut tidak berselingkuh secara langsung.

Hal ini juga menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap mantan kekasih yang pernah menjadi bagian dari hidup kita dan peduli terhadap kita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com