Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Terbaik Berolahraga bagi Orang yang Obesitas

Kompas.com - 13/04/2024, 15:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berolahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi kita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Namun, tak jarang, padatnya aktivitas sehari-hari bisa membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara teratur.

Tetapi, kita tidak perlu khawatir, karena pagi hari bukanlah satu-satunya waktu bagi kita untuk dapat berolahraga.

Sebuah studi terbaru pun menunjukkan bahwa jika kita sedang mencoba untuk menurunkan berat badan karena obesitas, maka sore hari adalah waktu terbaik berolahraga.

Baca juga: Inilah Waktu Olahraga Terbaik Menurut Penelitian

Dikutip dari laman Times Now, pada Sabtu (13/4/2024), studi yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care itu melibatkan 30.000 partisipan berusia 40 tahun ke atas yang mengalami obesitas.

Dan sebanyak 3.000 orang di antaranya memiliki penyakit diabetes tipe 2.

Para peserta dipantau selama hampir delapan tahun. Mereka juga diminta untuk memakai pelacak aktivitas yang dapat membantu menentukan kapan mereka mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas aerobik sedang hingga berat.

Peserta juga dikategorikan ke dalam kelompok yang berbeda tergantung pada kapan mereka melakukan sebagian besar aktivitas aerobik, pagi, siang, atau malam hari.

Setelah menganalisis data, peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas sedang hingga berat di malam hari, yakni dari jam 6 sore sampai tengah malam, memiliki risiko kematian dini paling rendah.

Orang-orang ini juga memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal karena penyakit kardiovaskular atau penyakit mikrovaskuler.

"Kami tidak membeda-bedakan jenis aktivitas yang kami lacak," kata penulis utama studi dan peneliti di National Heart Foundation di Charles Perkins Centre, Sydney University, Dr Matthew Ahmadi.

"Jadi aktivitasnya bisa berupa apa saja, mulai dari jalan cepat hingga menaiki tangga, tapi bisa juga mencakup olahraga terstruktur seperti berlari atau bahkan melakukan pekerjaan rumah," jelas dia.

Baca juga: Waktu Olahraga Terbaik Berdasarkan Hasil Riset

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com