Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Buruk? Bisa Jadi karena Stres, Ini Beragam Cara Mengatasinya

Kompas.com - 27/04/2024, 07:50 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Popsugar

KOMPAS.com - Kondisi stres atau kecemasan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kita mengalami mimpi buruk ata mimpi stres.

Mimpi yang dialami bisa beragam, seperti tertinggal pesawat, mengalami kegagalan, atau bentuk lainnya. Pada beberapa kasus, aktivitas mental ini kemudian bisa juga mengaktifkan tubuh dan memberikan tidur yang lebih nyenyak.

"Mimpi-mimpi stres, seperti ketinggalan acara penting, ujian, atau penerbangan sangat umum terjadi pada orang-orang yang mengalami stres di kehidupan nyata," ucap psikiater tersertifikasi badan sekaligus dokter tidur dan pendiri Menlo Park Psychiatry & Sleep Medicine, Alex Dimitriu, MD, seperti dilansir dari Popsugar.

Baca juga:

Meskipun penyebab mimpi buruk masih belum sepenuhnya dipahami, mungkin ada waktu-waktu di mana pikiran kita sebetulnya sekadar ingin menyelesaikan tantangan berat yang kita hadapi pada hari itu, yang di kehidupan nyata memberikan tekanan dan memberikan kecemasan di pikiran.

Hal ini kemungkinan terjadi karena otak kita terus-menerus ingin menyelesaikan masalah, termasuk ketika tidur. Ini terutama terjadi pada mereka dengan pikiran-pikiran kecemasan dan hanya bisa terselesaikan jika adegan-adegan tentang tantangan hidup tersebut dihadapi.

Pada kasus ini, mimpi sebetulnya menjadi hal positif, meskipun mungkin terasa kurang nyaman saat dialami.

"Artinya pikiran kita sedang berusaha mendorong untuk menggunakan alat bantu apa yang berhasil kita gunakan sebelumnya ketika berada dalam situasi kehidupan yang serupa, atau untuk mengingatkan kita tentang apa yang tidak berhasil agar mencoba sesuatu yang baru,” ujar psikolog klinis dan ahli hipnoterapi bersertifikasi yang mengajarkan analisis mimpi, Nancy Irwin, PsyD, C.Ht. 

Nancy juga menggarisbawahi bahwa mimpi buruk sebetulnya tidak ada. Apapun yang muncul di dalam pikiran kira saat tertidur pada malam hari adalah untuk kebaikan, bukan untuk menyiksa atau menakut-nakuti melainkan untuk melepaskan atau menyelesaikan apa yang sedang terjadi pada saat mimpi tersebut.

Cara mengatasi mimpi buruk akibat kecemasan

Kita tidak bisa menghindari mimpi, termasuk mimpi buruk. Tapi, dalam kasus ini, kita bisa fokus mengelola stres dan kecemasan pada kehidupan sehari-hari, yang kemungkinan akan berdampak pada mimpi kita.

Dimitriu menyarankan untuk melakukan beberapa hal ini:

  • Jalan kaki
  • Bicara dengan teman
  • Meditasi
  • Menulis jurnal untuk memproses perasaan pada satu hari
  • Membangun rutinitas tidur yang baik, seperti menjauhkan diri dari gawai atau tidur sedikit lebih lama

"Orang-orang dengan insomnia atau mimpi buruk bisa mencoba mengalokasikan waktu sekitar 20-30 menit pada malam hari untuk menyelesaikan masalah dan menuliskan solusi pada secarik kertas," ujarnya.

Membicarakan dan menuliskan masalah tersebut menjadi hal penting, sebab seringkali hanya memikirkan masalahnya saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Baca juga:

Jika cara-cara itu masih belum berhasil, coba juga untuk mencari tahu kira-kira pesan apa yang bisa kita tangkap dari mimpi tersebut. 

Apakah ada simbol-simbol, orang-orang, aktivitas, atau detail lain dalam mimpi yang mengingatkan kita pada sesuatu di kehidupan nyata.

"Terkadang detail-detail tersebut mungkin absurd, acak, atau mengerikan. Cobalah tanyakan perasaanmu di dalam mimpi tersebut, bisa jadi hal itu mencerminkan apa yang terjadi di kehidupan nyata, kehidupan profesional, dan berkaitan dengan kesehatan," ucapnya.

Namun, jika mimpi-mimpi buruk tersebut sudah menyebabkan sulit tidur atau berdampak pada fungsi di kehidupan, maka carilah bantuan. Kamu bisa berbicara dengan terapis, psikiater, atau dokter untuk mendapatkan saran medis terkait.

@kompas.lifestyle Basic step skincare untuk malam hari ini kurang lebih sama kayak basic step skincare biasa. Bedanya cuma ditambah pemakaian serum aja. Jadi, kalau kalian mau pake serum-serum dengan bahan aktif, nah itu dipakenya pas malam hari aja ya guys! Oh iya, buat pemula yang mau pake retinol, pakenya mulai dua kali sehari dulu aja ya, jangan langsung setiap hari. Habis ini mau tips apa lagi nih? Cus komen di bawah! Kreatif: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #tipsskincare #tipsskincarepemula #skincare #skincaretips #skincareroutine #skincareproducts #skincaredaily #skincare101 ? ??? ??? ??? ????? - ,
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com