Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serum Hyaluronic Acid Bisa Bikin Bibir Lembut dan Plumpy, Benarkah?

Kompas.com - 03/05/2024, 11:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Vogue

KOMPAS.com - Para penggemar tren kecantikan di aplikasi TikTok pasti sudah tidak asing dengan salah satu trik kecantikan yang baru-baru ini sedang viral.

Ya, apalagi kalau bukan menggabungkan serum asam hialuronat atau hyaluronic acid, dengan lip balm untuk mendapatkan bibir yang lembut, plumpy, dan juga terhidrasi.

Kita mungkin telah melihat banyaknya lip balm baru, lip gloss penambah volume, serta berbagai jenis produk yang menjanjikan untuk mempercantik bibir.

Namun, beberapa bahan yang digunakan untuk memberikan efek plumpy justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Nah, seperti dikutip dari laman Vogue, pada Jumat (3/5/2024), trik di TikTok yang memadukan serum hyaluronic acid dengan lip balm, dinilai lebih hemat bujet karena kita bisa memanfaatkan produk yang sudah dimiliki sebelumnya.

Jadi, cukup ambil serum hyaluronic acid yang biasa kita gunakan untuk wajah dan oleskan ke bibir, lalu oleskan lip balm dalam jumlah banyak. Memilih lip balm yang kental adalah kuncinya.

Baca juga: 5 Langkah Atasi Masalah Bibir Kering

Hyaluronic acid merupakan humektan, yang artinya mampu menahan air dan mencegahnya menguap.

Ini dapat menjaga lapisan hidrolipidik – lapisan tak kasat mata yang melindungi kulit dari faktor eksternal – tetap sehat.

Umumnya terkandung dalam produk wajah dan tubuh, bahan ini juga merupakan bahan utama dalam pengisi penambah volume yang dapat disuntikkan.

Dengan mengoleskan lip balm yang tebal, itu juga memastikan penyerapan serum secara maksimal, memperkuat kekuatan pelembapnya.

Selain efeknya yang besar, banyak ahli kulit dan kecantikan juga berpendapat ini sebagai obat yang efektif untuk bibir kering.

Kendati demikian, kita juga tidak boleh melupakan gaya hidup yang sehat bila tetap ingin penampilan bibir yang indah dan sehat.

Sebaiknya selalu gunakan lip balm yang mengandung SPF. Hindari lip balm dan lipstik dengan pewangi yang kuat, atau mengandung partikel mentol atau glitter, yang dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga: Apakah Pakai Lip Cream Bikin Bibir Kering?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com