Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layering Parfum, Cara Unik Menciptakan Wewangian Khas Sendiri

Kompas.com - 10/05/2024, 08:18 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Wewangian menjadi hal yang dianggap penting oleh sebagian orang sehingga banyak pecinta parfum mencari aroma yang khas dan benar-benar unik.

Masalahnya adalah, aroma-aroma yang enak dari setiap brand dengan cepat juga menjadi populer, sehingga dipilih banyak orang sebagai wangi signaturenya. Bagaimana menjadikan sebuah aroma menjadi wangi khas kita kalau orang lain juga memakainya bukan?

Tetapi ada cara supaya kamu dapat menciptakan wewangian yang seolah hanya untuk dirimu seorang. Entah kamu harus menemukan suatu parfum yang sangat langka, atau menggunakan teknik "perfume layering" atau lapisan parfum alias menggunakan lebih dari satu jenis parfum.

Seperti namanya, layering parfum adalah metode memadukan berbagai aroma untuk membuat wangi yang lebih personal dan kemungkinan akan sulit ditiru orang lain. Terkadang, wewangian yang lebih personal ini lebih disukai karena aroma tersebut dapat mencerminkan karakter serta kepribadian kita. 

"Layering dilakukan orang karena kita semua ingin menjadi unik, berbeda dengan orang lain, termasuk dalam hal parfum yang kita gunakan," ujar Veronica Kartadinata, Marketing & Operation General Manager PT Aroma Abadi, yang memegang banyak brand parfum internasional di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Aroma Oud yang Sedang Tren di Dunia Parfum

Cara layering parfum agar aromanya lebih personal 

koleksi The Alchemist?s Garden di butik Gucci Pondok Indah Mal 3, Jakarta koleksi The Alchemist?s Garden di butik Gucci Pondok Indah Mal 3, Jakarta
Pada dasarnya layering parfum melibatkan lebih dari satu wewangian yang kita gunakan di tubuh. Aroma personal yang bisa kita ciptakan itu pun tak melulu dari parfum, tetapi juga bisa dari jenis wewangian lain. 

Misalnya perpaduan antara aroma body lotion dan parfum favorit kita, sabun mandi aromatik dengan parfum atau kombinasi wewangian dari perawatan rambut dan minyak wangi yang kita gunakan. 

Namun tidak ada aturan baku mengenai bagaimana kita melakukan layering atau memadukan wewangian.

"Wewangian itu sangat personal, dan setiap orang memiliki seleranya sendiri, sehingga tidak ada aturan bagaimana kita memadukannya, ujar Nuel Sadnowo, manager Public Relation dari PT Aroma Abadi. 

Meski begitu, beberapa pakar parfum menyarankan untuk memulai layering dengan memasangkan aroma dari keluarga wewangian yang sama. 

Baca juga: 4 Tips Layering Parfum demi Aroma yang Tidak Pasaran

Kita bisa memadukan berbagai jenis wewangian bunga sebagai permulaan, dan bila sudah semakin percaya diri, kita dapat mencoba layering parfum dari kelompok wewangian berbeda untuk menciptakan hasil yang unik.

Beberapa tips agar layering berhasil:

1. Pahami setiap notes wewangian 

Langkah pertama dalam layering parfum agar hasilnya lebih personal adalah belajar mengidentifikasi aroma atau setiap notes dari wewangian yang kita miliki. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memahami perpaduan dari aroma apa yang cocok untuk menciptakan wangi yang ingin dihasilkan. 

Jika kita menginginkan aroma yang aman, akan lebih mudah jika kita memadukan wewangian dengan aroma yang senada. Namun bila ingin mendapatkan aroma yang lebih kompleks, maka kita bisa memadukan wangi buah-buahan seperti citrus, wangi bunga, dan wangi kayu.

2. Padukan parfum secara bertahap 

Selain memadukan wewangian dari perawatan tubuh dan parfum, kita juga bisa menggunakan perpaduan antara dua atau tiga parfum secara bertahap. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com