Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 2 Jenis Jam Tangan GMT untuk Traveler dan Pekerja Remote

Kompas.com - 15/05/2024, 19:30 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bagi yang suka keliling dunia, jam tangan GMT merupakan item yang wajib dimiliki. Jam tangan GMT memiliki keunggulan dimana pengguna memungkinkan membaca 2 hingga 3 zona waktu sekaligus dalam 1 jam tangan. 

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, ternyata ada dua macam jam tangan GMT yaitu jam tangan Office GMT atau sering disebut sebagai Caller GMT, dan jam tangan Travel GMT. Seperti apa perbedaannya? 

Definisi dan sejarah jam tangan GMT

Jam tangan GMT (Greenwich Mean Time) adalah jenis jam tangan yang menampilkan dua atau lebih zona waktu secara bersamaan. GMT merupakan standar waktu global yang berbasis di Royal Observatory Greenwich di London, Inggris.

Pada umumnya, jam tangan GMT memiliki tampilan jam dan menit seperti jam tangan pada umumnya, namun dilengkapi dengan jarum tambahan yang menunjukkan zona waktu kedua. Jarum tambahan ini biasanya berbeda warna dan panjang dari jarum jam, detik dan menit, sehingga memudahkan pengguna untuk membedakan antara jam pada zona waktu pertama dan kedua.

Cikal bakal jam tangan GMT sebenarnya sudah ada sejak tahun 1953 lewat brand Glycine lewat seri Glycine Airman dimana  jam tangan tersebut mampu melacak dua zona waktu dengan indikator 24 jam pada dial dan indikator 24 jam pada bezel. 

Sedangkan jam tangan GMT dengan 2 jarum jam diperkenalkan Rolex lewat GMT-Master (Ref. 6542) pada tahun 1954 yang menjadi jam tangan resmi maskapai Pan Am Air.

Baca juga: Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerja Jam Tangan GMT

Longines Spirit Zulu Time GMT Longines Spirit Zulu Time GMT

Jenis jam tangan GMT

Menurut Andrean Saputro, VP of Marketing jamtangan.com, saat ini, jam tangan GMT dibagi menjadi 2 jenis mekanisme cara kerja yaitu jam tangan Office GMT dan jam tangan Travel GMT. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Jam tangan Office GMT

Seperti namanya, jam tangan Office GMT (dikenal juga dengan jam tangan Caller GMT) ditujukan untuk kaum profesional yang sering berkomunikasi dengan rekan bisnis atau kolega di luar negeri. 

Kebanyakan jam tangan Office GMT mempunyai jarum jam untuk menunjukan waktu utama, dan jarum jam tambahan untuk zona waktu lainnya. Dalam mekanisme Office GMT terdapat pengaturan yang memungkinkan jarum jam kedua yang menunjuk skala zona waktu 24 jam dapat diatur independen secara quick set tanpa mempengaruhi jarum jam lainnya.

"Jadi jam tangan Office GMT adalah jam tangan yang dapat digunakan saat ingin menampilkan waktu di belahan dunia lain. Kita dapat menggunakannya untuk melacak waktu di salah satu kantor di luar negeri atau untuk memeriksa waktu rekan bisnis dari negara lain,"ujar Andrean saat dihubungi Rabu (15/5/2024).

Andrean Saputro, VP of Marketing jamtangan.com Andrean Saputro, VP of Marketing jamtangan.com

Kapan dan di mana kita sebaiknya pakai jam tangan office GMT? Ada beberapa rekomendasi waktu dan momen yang pas mengenakan jam tangan ini antara lain:

Mengatur jadwal meeting dengan rekan di negara lain dengan zona waktu berbeda

Jam tangan GMT sangat berguna di kantor, terutama jika kita bekerja dengan rekan kerja atau klien di luar negeri dengan zona waktu yang berbeda. Kita dapat dengan mudah melacak waktu zona waktu rekan kita di luar negeri untuk menyesuaikan jadwal seperti meeting atau menelepon secara efektif.

Mengatur pertemuan bisnis dengan rekan dari negara lain

Jika kamu bekerja dalam industri yang memerlukan koordinasi dengan rekan kerja atau klien dari belahan dunia lain, jam tangan Office GMT akan sangat berguna untuk mengatur pertemuan bisnis dengan rekan yang sedang dalam perjalanan dari luar negeri menuju negaramu. Ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan jadwal pertemuan dengan keberangkatan dan kedatangan rekan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com