Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Harus Menyimpan Parfum agar Wanginya Awet?

Kompas.com - 17/05/2024, 07:29 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebotol parfum umumnya habis dalam beberapa bulan. Namun, jika kamu memiliki lebih dari satu parfum maka waktu habisnya akan lebih lama. Tak ayal, cara menyimpannya perlu diperhatikan supaya wanginya tetap awet dan tahan lama.

Sayangnya, jarang ada botol parfum yang kemasannya datang dengan petunjuk penyimpanan. Padahal, cara menyimpan parfum memengaruhi kualitas wanginya.

Bisa mengalami degradasi

Dikutip dari Real Simple, Kamis (16/5/2024), parfum bisa mengalami degradasi saat kamu membuka kotaknya. Degradasi pada parfum mengacu pada melemahnya wangi parfum tersebut.

Meski kotak parfum bersifat dekoratif, benda itu sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjauhkan parfum dari cahaya.

Dengan kata lain, kotak parfum mencegah masuknya oksigen ke dalam botol dan menjaga suhu tetap stabil. Saat masih dalam kemasannya, parfum terhindar dari paparan oksigen.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan dan Menyimpan Parfum agar Tetap Awet

Cara menyimpan parfum

Eduardo Valadez dari perusahaan parfum bernama Diptyque mengatakan, tips paling sederhana dan praktis adalah menyimpan parfum di tempat yang gelap, sejuk, dan kering.

Menurut dia, metode ini menjaga parfum dari tiga faktor degradasi utama, yakni panas, cahaya, dan kelembapan.

“Kusen jendela yang terpapar sinar matahari, lemari, atau rak di dekat pemanas akan menurunkan kualitas parfum lebih cepat dibandingkan dengan menyimpannya di tempat yang gelap dan sejuk,” tambah Kristen Shirley selaku Luxury Expert yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Untuk memperpanjang usia parfum, sebaiknya botolnya langsung ditutup setiap selesai digunakan untuk meminimalisir paparan oksigen.

Sementara itu, tempat terburuk untuk menyimpan parfum adalah kamar mandi. Sebab, ada perubahan suhu ketika seseorang sedang mandi. Tingkat kelembapannya juga tinggi.

Bolehkah ditaruh di dalam lemari es?

Baik Valadez maupun Shirley merekomendasikan penyimpanan botol parfum di dalam lemari es. Sebab, kulkas menjaga suhu tetap stabil.

Perabot elektronik itu juga menjauhkan parfum dari cahaya dan panas sehingga menyimpan parfum di dalam kulkas adalah cara terbaik untuk menghindari oksidasi atau degradasi kimia.

Di tempat yang lembap atau panas, minyak dan esens alami di cairan parfum dapat mulai menggumpal saat terurai. Jika alkohol dan air di dalamnya menguap, yang tersisa hanyalah endapan.

Kalau demikian, apakah parfum sebaiknya disimpan dalam freezer?

“Ada banyak perdebatan seputar topik ini. Apakah itu akan melindungi parfum? Betul. Tapi, apakah perlu? Tidak,” tutur Valadez.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com