Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseringan Main HP Sebelum Tidur Ganggu Hubungan dengan Pasangan?

Kompas.com - 27/05/2024, 00:43 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber NY Post

KOMPAS.com - Kebiasaan menggulirkan layar ponsel atau handphone (HP) sebelum tidur sebaiknya tak disepelekan karena beberapa hal, termasuk dalam hal hubungan dengan pasangan.

Menurut para ahli hubungan, kebiasaan main HP berpotensi mengganggu hubungan karena mengurangi peluang keintiman dan afeksi antar-pasangan dalam pernikahan.

"Koneksi sangat penting dalam sebuah hubungan dan ini harus terjalin secara rutin agar pasangan sama-sama bisa berkembang," ujar terapis hubungan dan keluarga yang berbasis di New York City, Tracy Ross, seperti dikutip dari NY Post, Minggu (27/5/2024).

Baca juga:

Ia menambahkan, momen jelang tidur bisa menjadi saat yang baik untuk terkoneksi dengan pasangan. Sayangnya, menurut Ross, banyak pasangan justru melewatkan ini.

Ia mendapati beberapa klien komplain bahwa pasangannya terlalu sering fokus pada HP atau "terganggu" dengan HP, sehingga mereka sulit mendapatkan perhatian untuk berinteraksi.

Situasi ini pada akhirnya menciptakan jarak di antara pasangan.

Kendati demikian, psikoterapis yang berbasis di New York City Aimee Hartstein mengatakan, kurang realistis jika kita harus meletakkan HP sepanjang malam.

Sebab, orang perlu terus memperbarui informasi, mengakses hiburan, dan berbicara dengan teman. Semua itu adalah bagian dari faktor kebahagiaan seseorang.

"Jika pasangan bahagia dalam hubungan, maka itu tidak jadi masalah," ujarnya.

Menemukan waktu kebersamaan

Untuk itu, Ross merekomendasikan agar pasangan menemukan kegiatan yang dapat mereka nikmati bersama sehingga dapat mengurangi waktu main HP. Setelah itu, pastikan membangun kebiasaan baru yang sehat secara konsisten.

"Kebiasaan cenderung bertahan dalam waktu lama dan kecuali kita mau mengubahnya, kebiasaan itu bakal bertahan terus," ujarnya.

Baca juga:

Jadi, kuncinya adalah mengenali ketika waktu main HP mengganggu waktu berkualitas bersama pasangan. Para ahli merekomendasikan untuk menetapkan batasan waktu akses HP, misalnya ketika makan malam atau jelang tidur.

Jika cara ini masih gagal, cobalah "parallel play". Maksudnya, cobalah untuk ikut melihat apapun yang pasangan nikmati di HP, baik game maupun media sosial.

"Entah membaca berita atau saling menunjukkan meme lucu, main HP tak masalah selama masih bisa terhubung satu sama lain. Itulah tujuannya," kata Hartstein.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com