Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Manalo, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina

Kompas.com - 28/05/2024, 12:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Ajang Miss Universe Filipina menorehkan sejarah baru setelah Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. 

Melansir dari CNN, Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut. Lahir dari ibu asal Filipina dan ayah keturunan Afrika-Amerika, kemenangan Chelsea telah menggugurkan standar kecantikan di Filipina yang selama ini dipengaruhi Barat, yakni identik dengan kulit lebih cerah.

Baca juga: Berapa Harga Mahkota Miss Universe 2023?

Kemenangan Chelsea tersebut, disambut dengan baik oleh netizen Filipina. 

Kemenangan Chelsea menantang preferensi negara kita yang sudah mendarah daging terhadap kecantikan Eurosentris dan kulit lebih cerah,” tulis salah satu netizen Filipina dalam kolom komentar di akun resmi Miss Universe Filipina, dikutip dari CNN

“Standar kecantikan Filipina hancur berkeping-keping,” tulis netizen yang lain, seperti diberitakan CNN.

Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut. 
Dok. Instagram @themissuniverseph Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Chelsea merupakan perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut.

Mewakili Bulacan, sebuah provinsi di utara Manila, Chelsea berhasil menyisihkan 52 kontestan lain dari seluruh Filipina. 

Salah satu momen menarik adalah saat Chelsea menjawab pertanyaan pada babak lima besar. Chelsea mendapat pertanyaan mengenai bagaimana dia akan menggunakan kecantikan dan kepercayaan dirinya untuk memberdayakan orang lain.

Ia mengaku mendapat tantangan karena perbedaan warna kulit, namun selalu berusaha tampil percaya diri. 

“Sebagai perempuan kulit berwarna, saya selalu menghadapi tantangan dalam hidup saya. Sebenarnya saya diberitahu bahwa kecantikan itu ada standarnya,” katanya dari atas panggung Miss Universe FIlipina 2024, seperti diberitakan CNN

“Tapi saya percaya pada ibu saya, selalu percaya pada diri sendiri. Karena itu, saya sudah mempengaruhi banyak perempuan yang melihat saya saat ini,” imbuhnya. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Ajang Miss Universe 2023, Ada yang Pakai Burkini

Kemenangan Chelsea menjadi perbincangan luas di Filipina, mengenai diversifikasi standar kecantikan di negara tersebut. Selama ini, standar kecantikan Filipina sangat dipengaruhi oleh Barat, yang telah terbentuk sejak masa kolonial di negara bekas jajahan Spanyol dan Amerika tersebut. 

Final ajang Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Miss Universe Filipina menorehkan sejarah baru setelah Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, sekaligus perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes itu. Dok. Instagram @themissuniverseph Final ajang Miss Universe Filipina 2024, pada Rabu (22/5/2024) lalu. Miss Universe Filipina menorehkan sejarah baru setelah Chelsea Manalo dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2024, sekaligus perempuan kulit hitam pertama yang menjuarai kontes itu.

Tak heran jika selebriti berkulit cerah lebih banyak membintangi acara TV, film, dan menjadi bintang iklan produk fesyen di Filipina, tak ubahnya sebagian besar negara di Asia lainnya. 

Baca juga: Perdana, Miss Universe 2023 Dimeriahkan Transpuan, Ibu dan Model Plus Size

Usai kemenangannya, Miss Universe Filipina yang berusia 24 tahun tersebut, akan mewakili Filipina dalam kontes Miss Universe 2024 yang akan diadakan di Meksiko September.

Chelsea akan bersaing untuk mendapatkan gelar kelima Miss Universe untuk negaranya, mengikuti jejak Gloria Diaz pada 1969, Margie Moran pada  1973, dan Pia Wurtzbach pada 2015. 

Catriona Gray adalah orang Filipina terakhir yang meraih gelar Miss Universe pada 2018 lalu. Lebih dari 100 perempuan akan mewakili negaranya dalam ajang Miss Universe 2024.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com