Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Belanja Anti Kalap Saat Mengunjungi ITC Depok, Bandingkan Harga

Kompas.com - 05/06/2024, 12:12 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

DEPOK, KOMPAS.com - Berbelanja menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tak jarang, banyak orang yang beranggapan bahwa belanja menjadi bentuk dari self reward

Kompas.com berkesempatan untuk mengunjungi langsung salah satu pusat perbelanjaan ITC Depok pada Senin (3/6/2024). Tempat ini memiliki pilihan toko yang cukup lengkap dan menyediakan berbagai macam keperluan pria maupun wanita.

Mulai dari baju kekinian, aneka batik, hingga baju formal pria pun ada di sini loh. Supaya tidak kalap dan impulsif saat ingin berbelanja ITC depok, yuk intip beberapa tips belanja cermat di bawah ini!

Baca juga: 4 Tips Belanja Hemat di BeautyFest Asia, Catat Waktu Flash Sale

Siapkan budget sebelum berbelanja 

Sebelum pergi ke lokasi tempat belanja, sebaiknya kamu siapkan budget terlebih dahulu ya. Sebab menentukan budget bisa membantu mengontrol diri untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

Terlebih di ITC Depok banyak sekali pilihan toko serta item fesyen yang tak kalah trendy, jadi jika tidak menyiapkan budget bisa jadi kalap loh. 

Jangan mudah tergiur

Mendatangi pusat perbelanjaan yang memiliki berbagai pilihan toko memang bisa membuat pembeli punya banyak pilihan barang untuk dibeli. Namun sebaiknya jangan mudah tergiur ketika pertama kali melihat suatu barang yang bagus.

Sebaiknya kamu pikir-pikir terlebih dahulu, apakah benar barang tersebut sedang dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat saja. Langkah ini juga bertujuan untuk agar barang yang dibeli bisa terpakai dengan baik dan tidak sia-sia.

Selain itu, jika sudah mengetahui barang apa yang dibutuhkan, kita bisa menulis daftar barang belanjaan. Sehingga belanja bisa lebih cermat dari sisi biaya pengeluaran maupun kebutuhan.

Baca juga: 5 Tips Belanja Hemat di Little Bangkok Tanah Abang

Lakukan perbandingan harga

Jika ingin berbelanja di ITC Depok, sebaiknya lakukan ketika waktu luang dan tidak terburu-buru. Hal ini agar kamu dapat melakukan perbandingan harga dari satu toko dengan yang lainnya.

Beberapa toko di ITC Depok menjual barang yang serupa ataupun hampir-hampir mirip, namun harganya bisa berbeda-beda dari satu toko dengan yang lain. Oleh karenanya, jangan ragu untuk melakukan perbandingan harga.

Pandai menawar harga 

Ketika Kompas.com melipir ke beberapa kios di ITC Depok, ternyata sebagian besar penjual mempersilahkan pembeli untuk menawar harga. Oleh karenanya, di sini kamu bisa keluarkan kemampuan tawar menawar dengan para penjual. 

Jangan khawatir, proses tawar menawar juga banyak dilakukan oleh para pembeli lain. Kamu bisa tawar harga sesuai dengan budget uang yang kamu miliki.

Sementara itu, beberapa toko memang ada yang menempelkan tulisan berisi ‘Harga Pas’. Namun biasanya jika kamu membeli barang dalam jumlah banyak atau grosiran, kemungkinan besar masih bisa mendapat potongan harga. 

Siapkan uang tunai

Meskipun di era serba modern ini banyak pilihan metode pembayaran, sebaiknya kamu tetap siapkan uang tunai ketika berkunjung ke ITC Depok. 

Beberapa toko sudah menyiapkan barcode ataupun nomor rekening untuk membayar lewat transfer. Akan tetapi sebagai bentuk antisipasi masalah teknis, kamu bisa memilih pembayaran tunai.

Tak cuma itu, membawa uang tunai juga bisa membantu kamu untuk mengontrol diri untuk membeli barang yang penting dan tidak kalap ketika belanja. 

Baca juga: 7 Tips Belanja Baju Impor di Little Bangkok Tanah Abang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com