Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Belanja Hemat di Little Bangkok Tanah Abang

Kompas.com - 26/01/2024, 10:52 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Little Bangkok, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dapat menjadi destinasi baru untuk belanja pakaian impor berkualitas.

Dengan berbagai macam variasi pakaian yang ada dan konsep menarik yang diusung setiap tokonya, hal ini tentu jadi daya pikat yang menarik bagi pengunjung.

Kompas.com sempat mengunjungi Little Bangkok pada Selasa (23/1/2024) lalu dan melihat kisaran harga dari sebagian besar pakaiannya yang dibanderol Rp 100.000-an ke atas.

Harga tersebut rupanya masih dianggap terlalu mahal oleh sebagian pengunjung yang datang jika dibandingkan harga pakaian di Bangkok, Thailand.

Baca juga: Perbandingan Harga Produk yang Dijual di “Little Bangkok” dan Thailand

"Baru lihat-lihat saja, harganya kurang 'Tanah Abang' untuk pakaian impor. Agak overprice (mahal), ya," kata Rizky, pengunjung asal Bogor kepada Kompas.com.

Tips belanja hemat di Little Bangkok Tanah Abang

Supaya memastikan pengalaman belanja yang hemat dan memuaskan di Little Bangkok, Tanah Abang, beberapa tips berikut sepertinya dapat membantu.

1. Merencanakan barang yang mau dibeli

Banyaknya variasi pakaian di Little Bangkok, Tanah Abang, tak jarang bisa membuat kamu "lapar mata" dan kalap saat belanja.

Untuk itu, coba buat catatan barang atau pakaian apa yang dibutuhkan agar belanjaan kamu tetap terkontrol sesuai bujet.

2. Coba menawar harga

Namanya juga belanja di Tanah Abang, tawar-menawar sebenarnya sudah menjadi hal biasa.

Tapi di Little Bangkok agaknya sedikit berbeda. Menurut pantauan Kompas.com di lokasi, tidak semua penjual memberlakukan sistem transaksi itu.

Tak ada salahnya untuk mencoba menawar pakaian yang mau dibeli, sebab beberapa pedagang bisa memberi potongan harga, asal dilakukan dengan cara bijak.

"Sebenarnya harganya juga sudah nett. Tapi, kalau pembeli serius belanja dan menjalin relasi (biar langganan) juga tetap bisa kok diberikan harga diskon," jelas Widdya, salah satu pedagang.

Baca juga: Banyak Orang Live Shopping di Little Bangkok, Kenapa?

Suasana belanja di Little Bangkok, Tanah Abang, Selasa (23/1/2024)KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Suasana belanja di Little Bangkok, Tanah Abang, Selasa (23/1/2024)

3. Belanja semi-grosir

Jika memang kesulitan mendapatkan harga terbaik untuk satu item pakaian, cobalah untuk membeli lebih banyak.

Sebagian besar pedagang di Little Bangkok memberlakukan transaksi semi-grosir. Misalnya kita membeli empat, atau enam potong pakaian.

Harga semi-grosir dapat berbeda jauh jika dihitung per item. Misalnya di toko Editors, harga satuan pakaian atau outerwear sekitar Rp 150.000-an.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com