Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2024, 19:19 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.comClay mask merupakan salah satu jenis produk kecantikan yang sedang popular saat ini karena kemampuannya yang bisa membersihkan kulit secara mendalam.

Namun banyaknya kandungan aktif yang ada dalam setiap clay mask membuat beberapa orang yang berkulit sensitif lebih berhati-hati dalam memilihnya. Tak hanya itu, cara pemakaian clay mask untuk kulit yang sensitif juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi iritasi.

Di acara Konferensi Pers perilisan produk terbaru Ovale, yaitu Ovale Real Clay Mask Dr. Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDF, FAADV seorang dermatologist membagikan tips untuk memakai clay mask pada wajah yang sensitif, Rabu (05/06/2024).

Baca juga: Mengenal Clay Mask, Jenis, Manfaat, dan Risikonya bagi Wajah

Acara Perilisan Ovale Real Clay Mask yang dihadiri oleh (kiri) Shasa Zhania, (tengah) Lidwina Natalia, (kanan) Dr. Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDF, FAADV, Rabu (05/06/2024).KOMPAS.com/ Via Furgativa Gumilar Acara Perilisan Ovale Real Clay Mask yang dihadiri oleh (kiri) Shasa Zhania, (tengah) Lidwina Natalia, (kanan) Dr. Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDF, FAADV, Rabu (05/06/2024).

Cara memakai clay mask

1. Lakukan Patch Test

Meskipun semua jenis masker cenderung aman untuk semua jenis kulit, patch test tetap harus dilakukan untuk menghindari masalah yang akan muncul pada kulit yang sensitif.

“Ambil sedikit produknya lalu letakan dibelakang telinga, jika tidak ada reaksi gatal, merah, atau bengkak boleh digunakan,” ujarnya.

2. Gunakan secara bertahap

Jika sudah melakukan patch test, bisa menggunakan produk secara bertahap, seperti 10 menit lalu jika tidak ada reaksi apa apa boleh dilakukan lebih lama.

“Jika memang kulitnya sangat sensitif bisa digunakan dalam waktu yang singkat, mulai dari 10 menit lalu kemudian bisa ditingkatnya waktunya lebih panjang lagi,” lanjutnya.

Baca juga: Alasan Jangan Pakai Clay Mask Terlalu Lama

3. Pakai di malam hari

Untuk penggunaan clay mask sebenarnya tidak ada waktu khusus hanya saja hasilnya akan lebih efektif jika dipakai saat malam hari.

“Karena malam hari itu ada ritual pembersihan, ketika wajah sudah bersih dengan double cleansing baru oleskan clay masknya,” tuturnya.

Setelah itu bisa ditunggu selama 15 menit lalu dihapus dan lanjutkan dengan tahapan skincare lainnya.

Baca juga: 3 Tips Pakai Clay Mask dengan Benar untuk Hasil Optimal

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com