Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Jitu Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

KOMPAS.com - Puasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Namun meski waktu makannya hanya dua kali, banyak orang yang justru mengeluhkan berat badan naik saat puasa.

Bergesernya angka di timbangan sedikit banyak disebabkan oleh kebiasaan makan kalap yang serba manis dan gorengan saat buka puasa. Lalu, bagaimana cara mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa?

Berat badan naik karena jumlah kalori yang masuk dari makanan lebih besar daripada yang kita bakar saat beraktivitas.

Maka untuk mencegah berat badan naik, seimbangkan pola makan dan aktivitas fisik selama bulan Ramadan ini.

Buka puasa memang disarankan untuk makan yang serba manis guna mengembalikan energi. Meski begitu, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan apabila terus dilakukan setiap hari.

Makanan dan minuman manis tidak memberikan rasa kenyang sehingga orang cenderung terus mengonsumsinya, tanpa sadar asupan kalori sudah sangat berlebihan.

Belum lagi kalori dari gorengan atau kue-kue, dan dilanjutkan dengan makan nasi dengan porsi besar. Bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh saat berbuka puasa?

Beberapa hal yang bisa dilakukan saat buka dan sahur untuk mencegah berat badan naik saat puasa adalah:

Aktivitas fisik

Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa. Kita bisa olahraga ringan setelah sahur, sebelum berbuka, atau setelah Tarawih.

Saat berpuasa, lakukan olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, seperti berenang, jalan santai, yoga, Tai chi, atau bersepeda. Hindari berolahraga terlalu berat untuk mencegah kelelahan dan dehidrasi saat puasa.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/22/092805820/tips-jitu-mencegah-berat-badan-naik-saat-puasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke