Salin Artikel

Tips Feng Shui, Jangan Taruh Tanaman di Kamar Tidur

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang begitu bersemangat mengoleksi tanaman dan ingin membuat ruangan di rumahnya penuh dedaunan hijau yang menyegarkan mata.

Namun, ternyata tidak semua ruangan ternyata baik untuk meletakkan tanaman.

Beberapa ahli feng shui mengungkapkan mengapa tanaman tidak disarankan untuk diletakkan di kamar tidur dan dapat membuang energi positif.

"Tanaman sangatlah aktif dan merepresentasikan pertumbuhan, maka tanaman mungkin tidak cocok untuk ruangan yang pasif, tenang dan hening," ungkap master feng shui dan instruktur kelas Mind Body Green, Dana Claudat.

Diana menjelaskan, ada banyak cara lain untuk membawa beberapa keajaiban alam ke kamar tidur, selain meletakkan tanaman.

Beberapa di antaranya termasuk berinvestasi dengan seprai katun organik, menghadiahi diri dengan buket bunga setiap minggunya, atau memasang lampu dengan cahaya merah coral yang hangat.

Konsultan feng shui lainnya, Amanda Gibby Peters, sepakat bahwa tanaman hias dapat membawa banyak energi aktif (dalam feng shui dikenal sebagai Yang) ke ruangan yang lebih pasif (Yin).

Menurutnya, tanaman yang diletakkan di kamar tidur terkadang bisa menyebabkan masalah tidur.

Kepada kliennya, Amanda kerap menyarankan untuk mengganti tanaman hias yang lebih besar dengan yang lebih kecil atau menyarankan untuk menampilkan citra landskap kayu alih-alih tanaman.

"Suasana itu akan memberikan kamar tidur nuansa tenang tanpa gangguan di malam hari," ucapnya.

Amanda juga merekomendasikan untuk mempertimbangkan benda-benda bernuansa alam lainnya, seperti kristal atau batu-batuan sungai.

Anda juga bisa mengkreasikan ranting-ranting sebagai tempat display aksesori, seperti kalung, atau menggunakan kristal kuarsa yang cantik sebagai pemberat di atas tumpukan kertas atau buku.

Sementara pakar feng shui Marianne Gordon menyarankan untuk membawa nuansa alam bebas dengan membiarkan beberapa furnitur dari kayu alami untuk tidak dicat.

Lalu, bagaimana jika saat ini sudah ada tanaman di kamar Anda?

Jawabannya, tidak masalah.

Jika Anda meletakkan tanaman di kamar dan kualitas tidur tidak terganggu, maka tak perlu menyingkirkan tanaman tersebut dari kamar Anda.

Kebanyakan pakar feng shui, termasuk Maureen Calamia dari Luminous Spacea, setuju bahwa beberapa tanaman bisa memberi manfaat ketika diletakkan di dalam ruangan, di manapun ruangannya.

Terutama, jika ditempatkan di sudut tertentu untuk menambah kesan hijau.

Arsitek dan ahli feng shui Anjie Cho menambahkan, beberapa aliran feng shui menilai elemen hutan di kamar tidur sebenarnya dapat membantu beberapa orang untuk lebih berkembang.

"Elemen kayu menambah kualitas seseorang, seperti fleksibilitas, kebaikan, pertumbuhan, dan penyembuhan ke dalam hidup," katanya.

Bagi orang yang mengalami depresi, meletakkan tanaman di kamar tidur mungkin bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan chi.

"Saya pribadi memiliki tanaman di kamar tidur dan merasakan bahwa tanaman bisa membantu mencerahkan dan menyemarakkan ruangan," katanya.

Jadi, feng shui memang tidak menyarankan Anda meletakkan tanaman di kamar tidur.

Tapi, apakah Anda wajib menyingkirkannya? Tidak, jika kondisi itu tak memengaruhi kualitas tidur atau malah membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/20/205426820/tips-feng-shui-jangan-taruh-tanaman-di-kamar-tidur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.