BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial
Salin Artikel

Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

KOMPAS.com – Perhiasan, khususnya cincin, telah lama digunakan sebagai simbol komitmen cinta. Dikutip dari buku Biographical Dictionary of the Italians (1993) karya Francois Bougard, penggunaan cincin untuk acara sakral baru muncul sekitar 860 Masehi.

Kala itu, Paus Nicholas I dari Gereja Katolik Roma membuat peraturan pernikahan yang revolusioner untuk menekan perselingkuhan.

Ia mewajibkan pria yang hendak menikah untuk memberikan cincin tunangan dari emas yang mahal kepada perempuan. Dengan demikian, pria akan menganggap pernikahan sebagai hal yang sakral dan serius.

Sementara itu, dilansir dari laman American Gem Society, antropolog percaya bahwa tradisi pemberian cincin berakar dari kebiasaan bangsa Romawi. Pada masa itu, para istri mengenakan cincin untuk menunjukkan bahwa mereka telah memiliki suami.

Pemilihan cincin, termasuk cincin berlian, sebagai pengikat juga tak lepas dari bentuknya yang bundar dan tak memiliki ujung. Hal ini dianggap sempurna untuk menyimbolkan sebuah siklus yang abadi dan tiada akhir dalam sebuah hubungan.

Oleh sebab itu, cincin kerap dipilih pasangan sebagai pengikat untuk melangkah ke jenjang yang serius, seperti tunangan dan perkawinan.

Meski memiliki makna yang serupa, rupanya terdapat perbedaan antara cincin tunangan (engagement ring) dan cincin kawin. Secara umum, perbedaan ini terletak pada tiga aspek. Berikut ulasannya.

1. Posisi pemakaian

Berdasarkan tradisi Barat, baik cincin tunangan maupun cincin kawin dipakai di jari manis pada tangan sebelah kiri.

Oleh sebab itu, ketika menikah, pasangan pengantin biasanya memindahkan cincin tunangannya terlebih dahulu ke jari manis di tangan kanan. Setelah upacara pernikahan selesai, cincin tunangan berlian akan dikembalikan ke tangan kiri dan ditumpuk (stack) dengan cincin kawin.

Tradisi tersebut berbeda dengan pasangan di Indonesia. Umumnya, cincin tunangan diletakkan di jari manis tangan kiri. Sementara itu, cincin kawin digunakan di jari manis tangan kanan.

Sebagai informasi, pemakaian cincin di jari manis bukan tanpa alasan. Bangsa Romawi percaya bahwa pembuluh darah di jari manis yang dikenal dengan nama “vena asmara” mengalir langsung ke jantung.

Di sisi lain, dalam mitologi Yunani, jari manis merupakan simbol sebuah ikatan janji. Penggunaan cincin di jari ini juga bermakna cinta sejati, kreativitas, dan kecantikan.

2. Jumlah cincin

Cincin tunangan umumnya hanya berjumlah satu. Cincin ini diberikan oleh pria kepada pasangannya. Namun, di Indonesia, cincin tunangan biasanya dipakai oleh kedua calon pengantin.

Sementara itu, cincin kawin harus berjumlah dua. Pasalnya, cincin tersebut digunakan oleh pengantin sebagai pengikat janji.

3. Desain cincin

Walaupun tak ada aturan pasti, cincin kawin biasanya berdesain sederhana. Pasalnya, cincin ini digunakan setiap hari. Desain ini dinilai tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Namun, belakangan, sejumlah pasangan mulai memilih cincin kawin dengan batu berlian tunggal dan sederhana pada bagian tengahnya, yaitu cincin berlian solitaire.

Sementara itu, cincin tunangan biasanya memiliki desain mewah dan unik. Sebagai contoh, diamond engagement ring dengan desain yang unik dan berbeda.

Desain cincin berlian tersebut bisa Anda dapatkan pada Engagement Ring Collection dari Mondial. Koleksi ini hadir dengan fancy shape diamond yang melambangkan perjalanan cinta yang unik dan berbeda dari setiap pasangan.

Terinspirasi dari cinta spesial yang harus diungkapkan dengan istimewa pula, Engagement Ring Collection hadir dengan 13 cincin berlian wanita yang unik dan berbeda. Cincin tunangan unik ini siap menemani pasangan untuk melangkah bersama ke jenjang yang lebih serius, seperti tunangan.

Sebagai brand perhiasan internasional, #Mondial menggunakan teknologi komputerisasi dalam pembuatan Engagement Ring Collection, mulai dari desain hingga produk.

Teknologi tersebut menghasilkan produk unik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Selain cincin tunangan unik, perhiasan berlian mewah Engagement Ring Collection juga cocok dijadikan hadiah anniversary dan seserahan lamaran.

Untuk diketahui, Engagement Ring Collection Mondial menjadi bagian dari campaign #ISaidMondial yang mengajak pasangan untuk mengungkapkan perasaannya dengan cara yang spesial.

Campaign itu ditujukan untuk pasangan yang akan melamar atau sekadar memberikan kado cinta pada yang terkasih. Pasangan akan merasa #ImDifferent ketika menerima perhiasan berlian terbaru ini.

Informasi selengkapnya mengenai produk Mondial dapat Anda temukan pada laman resmi Mondial dan akun Instagram @mondial.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/21/200300920/jangan-salah-pilih-kenali-perbedaan-cincin-tunangan-dan-cincin-kawin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.