Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Minuman Diet, Bantu Hilangkan Lemak Perut dan Tunda Penuaan

Misalnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Nutrients, makanan yang digoreng atau dibakar memiliki potensi untuk mempercepat penuaan dan merusak kulit secara signifikan.

Sementara itu, Harvard Health menyebutkan, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis juga menyebabkan penumpukan lemak yang berlebihan di area perut, yang memicu berbagai macam penyakit.

Untuk mencegahnya, kita bisa memilih asupan, seperti minuman diet, yang sehat serta mengandung banyak nutrisi maupun antioksidan.

Pilihan ini berguna agar dapat membantu melawan penuaan dan melancarkan proses penurunan berat badan.

Minuman diet untuk lemak perut dan tunda penuaan

Berikut ini adalah enam minuman diet yang baik dikonsumsi untuk membantu menghilangkan lemak perut dan memperlambat penuaan.

1. Air klorofil

Air klorofil mengandung bahan aktif yang mampu membakar lemak perut sekaligus membuat kita terlihat awet muda.

"Air klorofil adalah cara mudah untuk detoksifikasi, meningkatkan kesehatan kulit, dan menyediakan antioksidan dalam jumlah yang signifikan bagi tubuh," kata Trista Best, RD, seorang ahli diet terdaftar di Balance One.

"Antioksidan yang ditemukan dalam klorofil bekerja di dalam tubuh untuk membuang dan mengurangi racun dan kerusakan akibat radikal bebas."

"Ketika kerusakan ini dibiarkan terjadi, salah satu masalah kesehatan yang ditimbulkan adalah penuaan kulit, bersama dengan banyak efek samping lain yang lebih serius," ujar Best.

Air klorofil juga mengandung senyawa antiinflamasi alami, yang berarti kulit mengalami lebih sedikit peradangan, sehingga dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Yang menarik, sebuah penelitian menemukan, penggunaan klorofil secara topikal diketahui dapat mengurangi photoaging pada kulit, atau dikenal sebagai kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Sementara air klorofil penuh dengan antioksidan, bahan yang sama dengan namanya membawa pencernaan dan pembakaran lemak ke tingkat berikutnya.

"Klorofil meningkatkan kualitas sel darah merah yang memungkinkannya membawa lebih banyak oksigen," ungkap Best.

"Semakin banyak jumlah oksigen yang beredar di dalam tubuh berarti semakin banyak pula nutrisi dan energi yang mengalir."

"Penyerapan nutrisi yang lebih baik dan peningkatan energi dapat mendorong penurunan berat badan dengan memungkinkan kita melakukan lebih banyak aktivitas fisik," ungkap dia.

2. Kombucha

Selain air klorofil, kombucha juga sudah teruji dapat memperlambat penuaan dan membakar lemak dalam tubuh.

"Rahasia kombucha adalah fermentasi," kata ahli diet terdaftar di Persona Nutrition, Hayley Miller, MS, RDN, LDN.

"Fermentasi adalah proses alami yang menghasilkan probiotik, bakteri baik yang membantu menjaga mikrobioma usus agar tetap bekerja dengan baik."

"Usus yang lebih sehat terbukti meningkatkan pengaturan berat badan dan penuaan yang sehat," sebut dia.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports menyimpulkan apabila mikrobioma usus yang sehat dan beragam berhubungan dengan berkurangnya lemak visceral.

Ini merupakan jenis lemak yang berada di sekitar organ perut dan dapat terlihat sebagai lemak perut.

Kendati demikian, tidak semua kombucha sama. Jadi pastikan kita memilih jenis yang tepat.

Salah satu minuman paling efektif untuk membakar lemak dan membuat kulit terlihat awet muda adalah air putih.

"Air putih memberikan hidrasi yang dapat membantu mendukung metabolisme yang sehat dan gaya hidup sehat," ungkap Katie Tomaschko, MS, RDN, seorang ahli gizi di Sporting Smiles.

"Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu pemeliharaan berat badan dan memperlambat efek penuaan tertentu seperti gangguan kognitif dan penurunan integritas kulit," sambung Tomaschko.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlihat lebih muda.

Jadi, menggunakan skincare saja tidak cukup menghidrasi kulit jika kita tidak banyak minum air putih.

4. Kopi hitam

Jika kita adalah penggemar kopi hitam panas, maka kita sudah menemukan salah satu minuman terbaik untuk mengurangi lemak perut dan menjaga kulit tetap awet muda.

"Kopi hitam adalah minuman bebas kalori yang memiliki begitu banyak antioksidan antiinflamasi dan menghidrasi," kata ahli gizi, Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD.

"Keduanya membantu pembakaran lemak — dengan meningkatkan metabolisme — seperti halnya kafein dan anti-penuaan dengan menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi," ungkap Hunnes.

Sebuah penelitian besar pada orang dewasa di Jepang, yang dipublikasikan di Nutrients, menemukan konsumsi kopi setiap hari berhubungan dengan penurunan lemak perut.

Jika kita menyukai kopi tapi tidak suka meminumnya dalam keadaan hitam, pastikan untuk memperhatikan berapa banyak gula yang ditambahkan ke dalam setiap cangkir.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology juga menemukan, tingkat konsumsi gula tambahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan lebih banyak lemak perut.

5. Teh hijau

Bagi yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi hitam, kita bisa menggantinya dengan teh hijau yang memiliki manfaat yang sama.

Hunnes menjelaskan, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menghentikan peradangan dan memastikan tubuh kita tetap terhidrasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Research and Public Health menemukan hubungan antara konsumsi teh hijau yang tinggi dan kemungkinan obesitas perut yang lebih rendah.

Lalu, studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods juga menyimpulkan, partisipan yang minum teh hijau selama 12 minggu memiliki lebih sedikit lemak visceral dibandingkan yang tidak minum teh hijau.

Meskipun ada banyak penelitian yang dilakukan pada manusia tentang teh hijau dan lemak perut, penelitian tentang teh hijau dan penuaan kulit masih sangat sedikit.

Namun, satu penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Toxicological Research mengungkapkan, polifenol yang ditemukan dalam teh hijau mungkin memiliki efek anti-penuaan pada kulit.

Kombinasi manfaat teh hijau ini dapat membantu memperlambat proses penuaan dan memastikan kita dapat mencegah tanda-tanda penuaan.

6. Teh hitam

Hunnes juga menempatkan teh hitam di samping teh hijau sebagai minuman yang bagus untuk membakar lemak perut dan memperlambat penuaan.

Tidak mengherankan, sebab minuman ini memiliki antioksidan yang membantu mencegah peradangan, melawan keriput, dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Molecules, teh hitam mengandung polifenol yang diketahui dapat membantu kita mengatur berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Jika semua itu belum cukup, teh hitam juga dapat membuat kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Ini menjadikannya minuman yang tepat untuk diteguk saat kita merasa kering dan ingin melakukan sesuatu untuk tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/02/140000320/6-minuman-diet-bantu-hilangkan-lemak-perut-dan-tunda-penuaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke