Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Redakan Stres Cuma dalam 5 Menit

Menurut ahli saraf dan kesehatan sekaligus CEO Mastermind Meditate, Dorsey Standish, MS, jenis stres yang sehat ini disebut 'eustress', yang menghindarkan kita dari kebosanan dan memotivasi kita untuk berprestasi.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika banyak dari kita juga pernah mengalami stres yang tidak sehat, atau yang bersifat kronis dan terus-menerus, sehingga menyebabkan kelelahan, kejenuhan, dan rasa kewalahan.

"Stres kronis merusak sistem-sistem utama dalam tubuh, dan dapat menyebabkan kondisi kesehatan kronis yang serius, masalah kesehatan mental, dan berdampak negatif pada umur panjang," kata Dorsey.

Jadi, dalam hal mengatasi stres jenis ini secara efektif, ada beberapa cara terbaik untuk meredakannya secara singkat.

"Bagian penting dari manajemen stres dan rencana ketahanan mental adalah memanfaatkan kekuatan stres positif untuk mencapai tujuan serta mengurangi dampak stresor negatif kronis," kata dia.

Lebih lanjut, Dorsey pun membagikan kiat-kiat meredakan stres hanya dalam waktu lima menit atau kurang, sebagaimana dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Lakukan pernapasan dalam

Menyelaraskan napas kita melalui beberapa latihan pernapasan yang dalam dapat memberikan keajaiban ketika kita sedang merasa stres.

"Bahkan satu tarikan napas dalam yang disengaja dapat mengurangi tingkat stres dengan menenangkan sistem saraf simpatik 'fight or flight', dan merangsang sistem saraf parasimpatis 'rest and digest'," ungkap Dorsey.

"Bentuk pernapasan dalam yang paling efektif disebut nervous system high, di mana kita menarik napas dua kali melalui hidung dan mengembuskannya sepenuhnya melalui mulut," ungkap dia.

2. Mengenali stres yang sedang dirasakan 

Ketika kita merasa stres yang tidak sehat mulai menumpuk, penting untuk mengenali apa yang ada saat ini. Hal itu termasuk kecemasan dan stres.

"Berlatihlah untuk menyebut 'ini adalah stres,' atau bahkan menyapanya, yang akan melibatkan area otak rasional kita untuk mengelolanya dengan lebih baik," ungkap Dorsey.


3. Bergeraklah

Bergerak bisa sangat bermanfaat ketika kita sedang dilanda stres.

Faktanya, bergerak adalah salah satu metode tercepat untuk meredakan ketegangan dan stres dari tubuh.

"Luangkan waktu beberapa menit untuk menyetel lagu yang ceria dan bergeraklah sesuka kita, dengan menekankan goyangan yang kuat jika memungkinkan untuk memberi sinyal pada tubuh bahwa kita aman," saran Dorsey.

4. Fokus pada hal positif

Sangat mudah untuk fokus pada hal negatif ketika kita merasa stres atau ada sesuatu yang membuat kita tidak nyaman.

Tetapi Dorsey mendorong kita untuk bertanya pada diri sendiri, "Apa yang tidak salah?" dan fokuslah pada hal positif.

"Otak kita terprogram untuk hal negatif agar kita tetap aman, tapi itu bisa berarti kita menambah stres secara mental dengan hanya berfokus pada masalah," kata dia.

"Kurangi stres dan tingkatkan optimisme dengan berhenti sejenak setiap hari, untuk bertanya pada diri sendiri apa yang benar dengan saat ini dan hidup kita."

"Hal ini bisa sesederhana koneksi internet, air yang mengalir, dan orang-orang serta hewan peliharaan yang menyayangi kita."

"Latihan bersyukur secara teratur adalah cara yang bagus untuk meredam stres," jelas dia.

5. Lakukan detoksifikasi digital selama lima menit

Teknologi sangat lazim dalam kehidupan sehari-hari, dan banyak orang mengaitkan perangkat seperti ponsel dan laptop dengan stres dan pekerjaan tanpa menyadarinya.

Dorsey pun menyarankan untuk menambahkan detoksifikasi digital selama lima menit ke dalam rutinitas harian kita.

"Mempraktikkan detoksifikasi digital setiap hari, di mana kita menyingkirkan semua gadget dan menghabiskan waktu di lingkungan yang bebas internet."

"Ini akan memungkinkan kita untuk sepenuhnya melepaskan diri dari stres dan pekerjaan, serta memulihkan kemampuan kita untuk memerhatikan," kata dia.

"Cobalah mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, bermain dengan anak-anak, atau bahkan sekadar menatap ke luar jendela dan membiarkan pikiran kita mengembara," saran Dorsey.

6. Cobalah teknik STOP

Alih-alih melawan emosi yang kuat atau stres yang buruk, Dorsey merekomendasikan untuk berhenti dan mengambil jeda yang mindful.

Teknik STOP berarti menghentikan apa yang sedang kita lakukan, melakukan pernapasan dalam-dalam, mengamati perasaan kita, dan apa yang kita pikirkan, serta melanjutkan dengan sesuatu yang akan mendukung kita pada saat ini.

7. Tertawa

Sesuatu yang sederhana seperti tertawa dapat membantu kita mengusir stres yang buruk.

"Tontonlah video humor pendek dan biarkan diri kita tertawa dengan bebas, yang memberi sinyal pada sistem saraf bahwa kita aman," ujar Dorsey.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/30/110000720/7-cara-redakan-stres-cuma-dalam-5-menit-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke