Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan Demokrat Dominan karena Faktor SBY

Kompas.com - 10/04/2009, 05:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kemenangan mutlak Partai Demokrat berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count ) sejumlah lembaga survei, dianalisa lebih didominasi karena faktor ketokohan Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden RI itu tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Analisa ketokohan SBY sebagai faktor penunjang utama kemenangan Demokrat, diutarakan Peneliti Senior Lembaga Survei Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dan Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia, Denny JA.

"Kemenangan Demokrat lebih disebabkan faktor SBY yang menjadi vote getter utama sehingga pemilih memberikan suaranya ke Demokrat," kata Burhanuddin, kepada Kompas.com, Kamis (9/4) menjelang tengah malam.

Faktor SBY, dinilainya, mampu meluaskan pangsa pasar Demokrat, sehingga dilirik pemilih berbasis desa dan non Jawa. "Asosiasi partai dengan SBY yang tengah populer menjadi faktor kemenangan Demokrat," kali ini dikatakan Denny JA, di kantornya.

Posisi SBY sebagai incumbent yang identik dengan Demokrat, juga menjadi faktor yang menguntungkan. Program-program pemerintah yang dianggap populis, bagi warga merupakan hasil kerja keras SBY.

Lainnya, iklan-iklan politik Demokrat yang dilakukan secara massif turut menjadi penyumbang kesuksesan Demokrat pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com