Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelisah dengan Pekerjaan? "Do Something"!

Kompas.com - 26/03/2010, 09:28 WIB

KOMPAS.com — Seberapa sering Anda mengeluhkan jam kerja Anda yang begitu panjang, sedangkan pendapatan tak menutupi pengeluaran? Anda merasa terjebak dalam pekerjaan yang sebenarnya bukan minat personal, mengeluhkan rutinitasnya, dan tak menghasilkan nominal rupiah yang diinginkan. Atau Anda tersiksa karena menjalani pekerjaan yang diinginkan oleh keluarga, tetapi tak membuat Anda bahagia.

Rene Suhardono, seorang konsultan karier, mengatakan bahwa kegelisahan atas pekerjaan yang sebenarnya bukan pilihan personal merupakan kewajaran. Menurut dia, dibutuhkan kegelisahan untuk menemukan apa sebenarnya yang paling Anda inginkan dan apa yang membuat Anda bekerja dengan menyenangkan.

"Menjadi masalah ketika Anda merasa tidak perlu melakukan apa pun saat mulai gelisah. Mencari tahu apa penyebabnya lebih baik daripada tidak melakukan apa pun," ungkap Rene di sela acara Networking Night Special Edition yang digelar 87.6 Hard Rock FM bekerja sama dengan Amprop Indonesia, Rabu (24/3/2010).

Referensi bacaan dan jejaring sosial menjadi kunci utama, seperti yang disebutkan Rene, untuk menemukan solusi atas kegelisahan Anda. Anda perlu bertanya kepada diri sendiri mengenai kondisi yang tak menyenangkan saat itu. Mengapa Anda terus melakukannya, atau, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Targetnya adalah menemukan passion dalam diri yang akan mendorong individu bekerja untuk dirinya, bukan untuk orang lain.

"Passion sebenarnya sudah ada dalam diri. Namun, membutuhkan perjalanan untuk menggalinya menjadi kekuatan. Dibutuhkan banyak referensi untuk membuat diri Anda 'tercolek' dan menjadi diri sendiri," kata Rene.

Anda tidak perlu gelisah jika belum datang waktunya menjalani passion. Apabila masa itu datang, beranikan diri Anda untuk mengatakan "Ya" untuk menjalani passion

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com