Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piawai Atur Isi Kulkas, Pangkal Hemat

Kompas.com - 12/04/2010, 10:33 WIB

KOMPAS.com - Gerakan ramah lingkungan atau go green bukan hanya soal menanam pohon, mendaur ulang sampah, atau menghemat energi. Menjaga kelestarian lingkungan, juga bisa diawali dengan mengatur isi dari lemari pendingin di rumah sendiri.

Memeilih makanan yang sehat, tidak berpengawet, segar, dan tepat digunakan, juga merupakan langkah melestarikan lingkungan. Bila masing-masing rumah tangga memanfaatkan bahan makanan secara efektif, berarti iku andil menjaga lingkungan dengan mengurangi pemborosan bahan makanan. Selain itu, dapat menghemat anggaran belanja.

Beli Ukuran Ekonomis
Mengatur isi dari lemari es dapat dimulai dengan membeli bahan makanan dalam ukuran ekonomis (besar). Bahan makanan seperti susu, telur, pasta, sereal bisa dibeli dalam ukuran ekonomis, daripada membeli dalam satuan individual.

Kemas bahan-bahan tersebut dengan wadah bertutup rapat, sehingga tidak berkontak atau bereaksi dengan udara luar. Pengemasan yang tepat juga ikut memberi dampak pada usia penyimpanan.

Hindari Membuang
Sesekali mungkin Anda berbelanja melebihi dari yang dikonsumsi, baik karena salah prediksi atau ada hal lain yang membuat konsumsi tak sesuai rencana. Namun perlu diingat, kelebihan bahan makanan tersebut tak harus dibuang sia-sia.

Bahan makanan sisa bisa digunakan atau dimodifikasi menjadi makanan lain di esok hari. Misal, daging bisa direbus kembali dijadikan tambahan sup, sayuran bisa dijadikan sayur berkuah, sisa nasi dijadikan nasi lemak atau nasi goreng, dan sebagainya.

Simpan Tepat = Lebih Awet
Ketika memasukkan makanan ke dalam lemari pendingin, perhatikan suhu yang dibutuhkan dan bagaimana sifat bahan makanan. Misalnya, untuk seledri yang jarang digunakan dalam jumlah banyak Anda bisa melakukan trik tertentu.

Cuci dan potong menjadi bagian lebih ringkas. Untuk jenis sayuran dan buah yang berbeda, masukkan ke dalam wadah terpisah. Alasannya, ciri dan kebutuhannya berbeda dan ini untuk mencegah mereka menjadi rusak karena saling berbenturan dalam lemari pendingin.

Pertahan Suhu Pendingin
Jangan memasukkan terlalu bahan bahan makanan dalam lemari pendingin. Usahakan masih ada ruang kosong sekitar sepertiga ruang penyimpanan, atau jangan terlalu penuh sesak.

Perhatikan penempatan bahan makanan dalam pendingin. Tempat pendingin paling atas dapat digunakan untuk menyimpan bahan yang mudah membusuk dan makanan beku, seperti daging, ikan, dan bahan makanan olahan siap masak. Tempat kedua, pendingin berpenutup, atau chiller, digunakan untuk menaruh bahan makanan yang tak perlu dibekukan terlalu lama, seperti sisa lauk, ikan, bakso, atau bahan makanan segar lain yang akan segera dimasak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com