Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malinda Transfer untuk Lunasi Ferrari

Kompas.com - 02/05/2011, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tersangka kasus dugaan pencucian uang dan pembobolan rekening nasabah Citibank, Inong Malinda Dee, menggunakan rekening milik adiknya, VL, serta suami VL, IS, untuk menampung dana nasabah yang dibobolnya. Uang tersebut ditransfer dan digunakan untuk melunasi pembelian mobil mewah Ferrari milik Malinda.

"Transfer itu untuk melunasi Ferrari dari dana tiga nasabah," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Senin (2/5/2011).

Namun, Boy tidak menjelaskan berapa dana yang digunakan serta mobil Ferrari mana yang dilunasi dengan uang itu.

Boy mengatakan, hingga saat ini penyidik Bareskrim Polri masih menelusuri aliran dana dari Malinda berdasarkan laporan hasil analisis (LHA) PPATK. "Transaksi ini banyak sekali. Semua akan dilihat untuk menentukan seseorang tersangka atau tidak. Kita akan mengacu Pasal 6 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Pencucian Uang," katanya.

Seperti diberitakan, berdasarkan LHA PPATK, VL menerima transaksi sebesar Rp 1,6 miliar. Di rekening IS terdapat 29 transaksi masuk dengan total Rp 7 miliar. Setelah menerima dana, mereka langsung mentransfernya ke rekening Malinda. Mereka diduga menerima imbalan sekitar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta per transaksi.

Selain kepada pasangan suami-istri itu, Malinda juga mengalirkan dana kepada suaminya, Andhika Gumilang. Dana yang baru diketahui ditransfer Malinda sebesar Rp 311 juta. Uang itu untuk membayar uang muka pembelian mobil Hummer. Tiga mobil lain yang diduga dibayar dengan uang hasil penggelapan adalah Mercedes E 350, Ferrari F 430 Scuderia, dan Ferrari California.

Sebagian dana nasabah lain juga mengalir ke perusahaan PT Sarwahita Global Management. Hingga saat ini penyidik belum melihat adanya keterlibatan pihak Sarwahita dalam kasus itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com