Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Trik Bergaya "Travelling Light"

Kompas.com - 21/06/2011, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Barangkali bagian paling tak menyenangkan saat bepergian jarak jauh adalah berkemas. Berapa pakaian yang harus dibawa? Perlengkapan pribadi apa saja yang tak boleh ketinggalan? Anda sendiri yang harus memutuskan, karena Anda yang berkepentingan di sini. Meskipun harus berjaga agar tidak ada sesuatu yang terlupakan, Anda tetap harus memikirkan untuk berkemas secara ringkas. Bagaimanapun, Anda akan lebih mudah bergerak ketika bawaan Anda terbatas, bukan?

Nah, berikut adalah beberapa panduan berkemas untuk liburan yang praktis:

* Buat daftar benda-benda yang akan dibawa. Saat melakukan perjalanan seorang diri, Anda bisa membuat daftar barang-barang yang wajib dibawa. Misalnya, charger, pembersih lensa kontak (jika Anda memakai lensa kontak), atau perlengkapan pribadi lainnya. Daftar barang akan membuat Anda mengetahui apakah Anda membawa terlalu banyak barang.

* Pinjam saja. Jika Anda akan menginap di rumah teman atau saudara, tanyakan apakah Anda boleh "nebeng" benda-benda yang Anda butuhkan, seperti sabun cair, sampo, pasta gigi, handuk, atau bahkan pakaian tidur. Kalau Anda menginap di hotel, tanyakan juga apakah hotel menyediakan setrika atau hair dryer di kamar. Bila Anda bisa meminjam barang, Anda bisa meninggalkan benda-benda yang berat di rumah.

* Bawa ukuran yang mini. Sekarang sudah banyak tersedia perlengkapan mandi dalam ukuran kecil (travel-size). Bila Anda tak dapat menemukan merek yang Anda gunakan dalam ukuran yang kecil, beli saja beberapa botol plastik kecil, lalu tuangkan cologne, losion, sampo, ke dalamnya.

* Pikirkan tentang aktivitas Anda selama liburan. Sebelum keburu mengemas berbagai pakaian favorit Anda ke dalam koper, coba pertimbangkan dulu apa yang akan Anda lakukan di tempat tujuan? Apakah Anda hanya akan jalan-jalan bersama keluarga (atau teman-teman), atau Anda harus menghadiri suatu acara tertentu? Apakah udara di tempat tujuan panas atau dingin? Sempatkah Anda mencuci pakaian sendiri atau mengirimnya ke laundry sehingga Anda bisa memakai pakaian yang sama dua atau tiga kali?

* Batasi barang bawaan Anda. Bukan tidak mungkin kok, liburan seminggu dengan satu tas ukuran sedang yang bisa dibawa ke kabin. Kuncinya hanya: memilih pakaian yang simpel dan ringan. Tak usahlah membayangkan Anda harus tampil gaya dengan pakaian ala ke mal. Untuk terlihat gaya, cukup bawa sunglasses dan satu macam aksesori yang standout.

Jika ingin membawa semua barang ke kabin, usahakan Anda hanya membawa satu tas tangan, dan satu tas besar. Hal ini juga memudahkan Anda untuk mengingat barang bawaan, menghindari terkena charge untuk kelebihan bagasi, dan tidak perlu keluar duit ekstra untuk membayar tip pada potter, bell-boy, dan sebagainya. 

* Pilih tas yang tepat. Membawa tas seperti travelling bag atau ransel tentu lebih fleksibel daripada membawa kopor yang kaku. Apalagi ketika Anda ingin membawa semua barang bawaan Anda ke kabin. Ransel atau travelling bag yang bahannya lemas lentur lebih mudah saat dimasukkan ke overhead bin.

* Yang berat dipakai, yang ringan masuk tas. Agar barang bawaan Anda tak terlalu berat, kenakan pakaian dan sepatu yang berat saat berangkat dan pulang. Misalnya, berangkat dan pulang memakai celana jeans, jaket (kalau Anda ke tempat berhawa dingin), dan sepatu. Sedangkan barang-barang yang ringan, seperti t-shirt, tank top, atau sandal, bisa dimasukkan tas. Dengan demikian, barang bawaan Anda lebih ringan.

* Berkemas di luar tas. Maksudnya begini, sebelum Anda memasukkan semua barang ke dalam tas, tumpuk pakaian dan semua perlengkapan pribadi Anda di atas tempat tidur. Jika Anda langsung menjejalkan semua barang ke dalam tas, biasanya Anda tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin barang. Namun dengan menyusun barang di kasur lebih dulu, Anda bisa membayangkan seberapa banyak barang yang Anda bawa dan mengurangi barang-barang yang tidak perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com