Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Bikin Anda Lebih Cerdas

Kompas.com - 07/03/2012, 18:35 WIB

KOMPAS.com - Banyak cara untuk menjadi pintar. Ada yang bilang, caranya dengan rajin bermain game atau mengisi teka-teki silang. Bagi yang tak suka kedua kegiatan tersebut, cobalah untuk berolahraga. Riset terbaru mengungkapkan, olahraga ternyata membuat Anda lebih cerdas.

Dalam berbagai penelitian sebelumnya sebenarnya sudah diketahui bahwa meningkatkan tingkat kebugaran bisa membuat otot-otot lebih tahan terhadap rasa letih. Caranya dengan mendongkrak produksi ofmitochondria, struktur dalam sel-sel yang memproduksi energi bagi tubuh.

Kini, tim peneliti dari University of South Carolina mendapati fakta baru: latihan menggunakan treadmill ternyata juga mampu meningkatkan kekuatan otak, menyebabkannya bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

"Bukti terkumpul dengan cepat bahwa olahraga menjaga otak tetap awet muda," ujar pemimpin studi ini, Dr Mark Davis.

Manfaat olahraga tidak sekadar untuk mereka yang masih dalam keadaan sehat. Dalam jangka panjang, membangun penampung mitochondria yang luas di dalam otak juga dapat menciptakan penyangga untuk penyakit otak seperti Alzheimer.

Anda tidak perlu membayangkan olahraga dengan program yang terpadu, melibatkan latihan kekuatan atau daya tahan. Melakukan jogging selama 30 menit saja ternyata juga bisa menaikkan kekuatan otak, dan meningkatkan sinyal di antara sel-sel otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com