Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hijabersmom Ajak Kaum Ibu Lebih Maju

Kompas.com - 28/04/2012, 19:22 WIB

KOMPAS.com - Komunitas yang beranggotakan kaum ibu berhijab, Hijabersmom Community bukan sekadar ajang kumpul untuk mencari inspirasi gaya berhijab. Bagi Hijabersmom Community, kaum ibu juga butuh wadah untuk mengembangkan diri, menggali potensinya, dan saling mengedukasi mengenai berbagai hal.

Memeringati Hari Kartini, Hijabersmom Community mengajak kaum ibu dari berbagai profesi dan latar belakang, untuk membuka wawasannya. Mulai kesehatan perempuan berupa edukasi tentang pencegahan kanker serviks, memberikan akses informasi kepada kaum untuk merencanakan keuangan dengan tabungan dan reksa dana, juga tak ketinggalan inspirasi berbusana muslim dengan menghadirkan desainer ternama.

"Hijabersmom Community punya kegiatan rutin bulanan, dan event besar per tiga bulan seperti peringatan Hari Kartini ini. Kegiatan lebih bertujuan untuk meningkatkan potensi ibu," jelas Jenny Tjahyawati, salah satu penggagas Hijabersmom Community kepada Kompas Female di sela kegiatan peringatan Hari Kartini di Citywalk Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/4/2012).

Komunitas yang diresmikan pada 2011 ini kini telah berbadan hukum dengan nama Yayasan Komunitas Hijabersmom (YKHm) dengan keanggotaan berjumlah 5.000 kaum ibu tersebar di Jakarta, Bandung, Pontianak, Yogyakarta, Semarang dan Lombok.

Selain menggelar kegiatan rutin untuk meningkatkan spiritualisme dan menambah wawasan di berbagai bidang, komunitas ini juga mendorong kaum ibu lebih kreatif berwirausaha dan menambah keterampilan diri.

"Kaum ibu butuh wadah berkumpul. Wadah ini tidak jauh dari kegiatan spiritualitas, sekaligus juga wadah untuk mengembangkan diri dalam dunia wirausaha, mendorong kaum ibu untuk menambah keterampilan berbicara di depan umum, mengajak ibu melek finansial. Berbagai topik lain untuk membuka wawasan ingin dihadirkan nantinya seperti asuransi juga parenting," jelas Hannie Hananto, Wakil Ketua II Hijabersmom Community.

Komunitas ini membuka diri untuk setiap perempuan yang telah menikah, di atas usia 25. Perempuan dari berbagai profesi, mulai ibu rumah tangga, pengacara, dokter, desainer telah menjadi anggota komunitas ini.

Menambah wawasan, mencari inspirasi dan menambah jejaring menjadi manfaat yang ingin didapat dari perkumpulan ini. Lima desainer busana muslim profesional berada di baliknya. Meraka adalah Irna Mutiara, Monika Jufry, Hannie Hananto, Jenny Tjahyawati dan Najua Yanti.

"Komunitas ini menjadi wadah bagi kaum ibu berhijab untuk bersosialisasi, selain juga memotivasi mereka untuk lebih percaya diri dengan fashion muslim," jelas Hannie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com